News

Soal Koalisi Gerindra-PKB, PDIP: Biasa-biasa Saja

Soal Koalisi Gerindra-PKB, PDIP: Biasa-biasa Saja

PDIP mengomentari koalisi Gerindra-PKB di Pilpres 2024 mendatang. PDIP mengatakan setiap partai pasti bersiap diri untuk konstestasi politik di 2024 mendatang.

“Setiap partai tentu berusaha menyiapkan diri menuju 2024. Kemarin pak Prabowo sedang menyiapkan dirinya menuju 2024 dalam rangka menjadi Presiden,” kata Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto.

Pria yang akrab dipanggil Bambang Pacul itu mengatakan koalisi Gerindra-PKB dibutuhkan karena masing-masing partai belum memenuhi syarat untuk mengusung capres. Bambang Pacul mengaku biasa-biasa saja mengetahui koalisi Gerindra-PKB terjalin.

“Mereka berkoalisi karena kursinya belum 20 persen kalau sendiri. Karena, dari PKB belum 20 persen dan Gerindra juga. Kalau bersatu mereka di atas 20 persen. Itu kita hanya melihat untuk bisa melewati electoral threshold untuk Presiden. Jadi biasa-biasa saja, nanti bisa nggak itu misalnya mereka bertambah atau gabung lagi bisa, itu seiring berjalannya waktu,” paparnya.

Lantas, bagaimana soal capres 2024 dari PDIP? Menjawab pertanyaan itu, Bambang Pacul menegaskan keputusan terkait Pilpres 2024, termasuk siapa capres yang diusung PDIP berada di tangan Ketua Umum, yakni Megawati Soekarnoputri.

“PDIP perjuangan selalu mematuhi keputusan kongres diperkuat rakernas soal Pilpres. Itu Ketua Umum yang akan menetapkan,” tegasnya.

KIB Ucapkan Selamat atas Koalisi Gerindra-PKB

Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB yang digagas Golkar, PAN dan PPP mengucapkan selamat atas koalisi Gerindra-PKB untuk Pilpres 2024 mendatang. KIB berharap ‘kompetisi’ politik di 2024 mendatang berjalan dengan damai dan penuh kegembiraan.

“Saya ucapkan selamat atas bergabungnya, terbentuknya koalisi Gerindra-PKB. Kita bisa kompetisi secara sehat untuk ciptakan Pemilu damai, ramah dan penuh kegembiraan,” kata politikus PPP yang tergabung dalam KIB, Achmad Baidowi, Minggu (14/8/2022).

Pria yang akrab dipanggil Awiek itu mengatakan koalisi Gerindra-PKB telah memenuhi syarat untuk mengusung capres di Pilpres 2024. Lantas, apakah KIB akan mengusung capres yang sama dengan koalisi Gerindra-PKB? Dijawab olehnya, KIB saat ini masih melakukan penjajakan.

“Bagus, karena kalau Gerindra dan PKB koalisi berarti memiliki kekuatan untuk mengusung calon presiden, sama dengan KIB. Apakah kemudian KIB bersama Gerindra-PKB bisa gabung? Waktu akan menentukan. Seperti sekarang, kita masih lakukan penjajakan-penjajakan,” ungkapnya.

Menurut Awiek, deklarasi koalisi Gerindra-PKB merupakan pertanda baik bagi demokrasi Indonesia. Sedikitnya, lanjut dia, ada tiga poros dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Dengan adanya koalisi tersebut, Pilpres telah ada tiga poros. Satu PDIP, KIB, satu lagi Gerindra-PKB. Semakin banyak poros, semakin baik bagi Indonesia,” imbuhnya.

Koalisi Gerindra-PKB untuk Pilpres 2024

Sebelumnya, Partai Gerindra dan PKB mendeklarasikan secara resmi koalisi di Pilpres 2024. Lantas, siapa capres yang akan diusung koalisi Gerindra-PKB?

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan Gerindra dan partainya belum menentukan siapa capres dan cawapres yang akan diusung di Pilpres 2024 mendatang. Tapi, lanjut dia, dalam waktu dekat perihal siapa capres dan cawapres akan ditentukan.

“Kita butuh tahapan satu langkah lagi, menyepakati berdua, siapa capres siapa cawapres. Ini mungkin dalam waktu yang tidak akan lama kita tentukan. Tergantung perkembangan karena kita butuh masukan dari partai lain yang akan bergabung,” ucap Muhaimin, Minggu (14/8/2022).

Seperti diketahui, Prabowo telah menyatakan dirinya siap menjadi capres 2024. Di samping itu, pria yang akrab dipanggil Gus Muhaimin itu juga menyatakan siap menjadi capres 2024. Sehingga, Gus Muhaimin mengatakan saat ini masih ada dua kandidat capres termasuk dirinya.

“Per hari ini, dua-duanya capres, tapi nanti kita lihat pertemuan dengan partai tambahan. Hari ini masih dua capres,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top