News

Kontroversi Immanuel Ebenezer, Ketua JoMan yang Jadi Saksi Meringankan untuk Sidang Munarman

Kontroversi Immanuel Ebenezer

Nama Immanuel Ebenezer tiba-tiba mencuat usai dirinya menjadi saksi meringankan untuk pelaku kasus terorisme, Munarman. Aksinya itu dianggap bertentangan dengan semangat melawan terorisme.

Immanuel sendiri merupakan salah satu Pendukung Presiden Joko Widodo yang menjabat sebagai Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan). Dia juga sempat menjabat sebagai Komisaris Utama BUMN PT Mega Eltra, yaitu salah satu perusahaan yang di bidang perdagangan dan konstruksi di bawah naungan perusahaan Pupuk Indonesia.

Pasca pro kontra soal kesaksiannya untuk Munarman mencuat, dia dicopot dari jabatannya sebagai komisaris. Namun dirinya mengaku tak mengetahui alasan pencopotannya itu. Berikut sepak terjang Immanuel Ebenezer:

Jadi Saksi Meringankan dalam Sidang Munarman

Rabu (23/2/2022), Immanuel hadir sebagai saksi meringankan di sidang lanjutan kasus tindak pidana terorisme atas terdakwa Munarman.

Lihat Juga: Kata Anggota DPR Soal Munarman Ditangkap Densus 88

Dia mengaku, kehadirannya di sidang itu merupakan keinginannya. Dan dia memberikan kesaksian meringankan karena didasari oleh hubungan pertemanan dengan terdakwa.

Pada kesaksiannya, Immanuel menyebut, tuduhan terorisme kepada Munarman merupakan tuduhan menyesatkan. Ia mengaku sangat mengenal terdakwa sebelum ditangkap atas kasus terorisme. Karena itu juga, dia yakin Munarman tidak terlibat dalam perkara terorisme.

Pernah Dilaporkan Alumni 212

Walau mengaku sangat kenal dengan Munarman, Immanuel Ebenezer ternyata pernah berseberangan dengan Alumni 212 yang merupakan salah satu kelompok terdekat Munarman. Immanuel dilaporkan oleh Alumni 212 atas tuduhan ujaran kebencian yang disampaikan dalam sebuah acara di televisi swasta, pada 31 Januari 2019.

Anggota Presidium Alumni 212, Eka Gumilar, mengatakan pernyataan Immanuel di program televisi itu sangat melukai perasaan peserta aksi 212.

Dukung Ganjar Pranowo Maju sebagai Capres 2024

Meski Pemilu 2024 masih lama, beberapa nama sudah bermunculan yang disebut akan jadi calon presiden mendatang. Salah satunya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang juga politikus PDIP.

Lihat Juga: JoMan Dukung Ganjar Jadi Capres, Relawan Jokowi Pecah?

Meski belum diusung partainya, Immanuel menyatakan dukungannya terhadap Ganjar menjadi calon presiden 2024. Menurutnya, sebagai besar relawan Jokowi mendukung Ganjar untuk maju di Pilpres 2024.

Immanuel Ebenezer Laporkan Dosen UNJ

Pada 14 Januari 2022 lalu, Immanuel akan melaporkan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun ke Polda Metro Jaya.

Laporan tersebut dilakukan karena Immanuel Ebenezer menganggap Ubedilah sudah melakukan fitnah terhadap keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, Ubedilah melaporkan dua putra presiden, Gibran dan Kaesang, ke KPK atas dugaan korupsi serta gratifikasi.

Immanuel menilai hal itu merupakan sebuah pernyataan yang tak berdasar dan cenderung menyudutkan keluarga Jokowi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top