News

KPK Menetapkan 3 Tersangka Kasus Suap Irman Gusman

KPK Menetapkan 3 Tersangka Kasus Suap Irman Gusman

Kasus Suap Irman Gusman kini Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan tiga tersangka terkait kasus suap yang melibatkan ketua DPD tersebut. Penetapan tersangka dilakukan setelah melakukan pemeriksaan 1×24 jam pasca dilakukannya operasi tangkap tangan.

Ketiga tersangka tersebut adalah, Xaveriandy Sutanto ‘XSS’ dan Memi ‘MMI’ mereka adalah pemberi suap yang merupakan pasangan suami isteri. Satu tersangka lainnya adalah Irman Gusman yang merupakan penerima suap.

Pemberian suap yang merupakan rekomendasi kuota gula impor Bulog pada CV Semesta Berjaya di Sumatera Barat 2016. Operasi tangkap tangan yang dilakukan Sabtu dinihari di rumah dinas Irman Gusman, KPK telah menyita barang bukti uang sebesar Rp. 100 Juta.

Pemberi suap ‘Xaverinady’ dan ‘Memi’ telah melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf (a) atau pasal 5 ayat 1 huruf (b) atau pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU NO 20 Tahun 2001, juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sedangkan Irman Gusman telah melanggar Pasal 12 huruf (a) dan (b) atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Korupsi, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top