News

Kronologi Muktamar NU Ricuh Saat Bahas Tatib

Kronologi Muktamar NU di Lampung Ricuh Saat Bahas Tatib

Beredar rekaman video yang menampilkan suasana sidang Pleno Pembahasan dan Pengesahan Tata tertib (Tatib) Muktamar NU ricuh. Bagaimana kronologinya?

Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Gedung Serba Guna UIN Lampung pada, Rabu (22/12/2021) diwarnai aksi saling dorong saat membahas soal tatib.

Kericuhan bermula ketika pembahasan tatib muktamar, yakni saat membahas Pasal 3 ayat 1 dan 2 di Bab III draf tatib. Pasal tersebut berisi soal aturan keabsahan pengurus wilayah, cabang dan cabang istimewa yang mempunyai hak suara.

Selain itu, pasal ini juga berisi terkait keabsahan suara yang dihitung apabila pengurus wilayah, cabang dan cabang istimewa diakui dengan sah lewat Surat keputusan pengurus Besar NU (PBNU).

Lihat Juga: Cek Fakta : FPI bubar dan ingin bergabung dengan NU?

Ketua sidan dan sejumlah pengurus PCNU meminta supaya pasal tersebut dibahas di akhir agar tidak menunda pasal lainnya.

Namun peserta Muktamar NU lainnya meminta agar pasal itu dibahas lebih dahulu hingga tuntas. Akhirnya, ada perdebatan sekitar lima menit dan terpaksa muktamar ditunda sementara hingga sepuluh menit.

Sidang sempat memanas lantaran sejumlah pengurus PWNU ada yang tertulis pada dualisme kepengurusan. Kemudian sejumlah PCNU lain masih belum mempunyai SK kepengurusan. Berikutnya pimpinan sidang menentukan untuk membentuk komisi arbitrase guna meninjau kembali SK ke-39 kepengurusan baik di PWNU ataupun PCNU. Dari situlah nantinya dapat ditentukan siapa saja pengurus yang sah dalam memilih.

Muktamar NU Berlangsung Kondusif

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Muktamar NU, Kiai M Imam Aziz, pihaknya mengawal gelaran ini agar berjalan sesuai harapan. Ia menilai, forum yang dihelat secara daring dan luring di Pondok Pesantren Darussa’adah, Lampung Tengah itu sudah sesuai rencana. Mulai dari pembukaan sampai sidang tata tertib, seluruhnya berlangsung kondusif.

Namun, Kiai Aziz tak membenarkan bahwa Muktamar NU ricuh saat pembahasan tatib. Menurutnya suasana sidang memanas karena terjadi perdebatan di antara para hadirin. Tetapi pada akhirnya seluruh peserta acara itu menemukan kesepakatan.

“Memang sempat ada perdebatan alot soal beberapa pasal tata tertib dan itu biasa terjadi di mana-mana. Tetapi alhamdulillah, semua akhirnya menemukan jalan keluar dan kesepakatan,” kata Imam dalam siaran pers, Kamis (23/12/2021).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top