News

Kronologi Pesawat Susi Air Diusir dari Hanggar Malinau, Kaltara

Kronologi Pesawat Susi Air Diusir dari Hanggar Malinau, Kaltara

Pesawat Susi Air dikeluarkan oleh petugas Satpol PP dari hanggar di Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara). Dari video yang dilihat LoperOnline.com, Kamis (3/2/2022), terlihat sejumlah petugas Satpol PP berada di hangar.

Mereka tampak mengeluarkan pesawat tersebut dengan menggunakan rantai yang diikat ke pesawat dan ditarik menggunakan alat berbentuk tiang. Petugas terlihat memegang kemudian menggeser tiang dan pesawat keluar bandara. Terdengar pula suara larangan merekam video di tempat tersebut.

“Kejadian hari ini jam 09.00, di mana mereka mengerahkan massa dan seterusnya di situ. Hak dan kewajiban Susi Air semuanya sudah dipenuhi,” kata kuasa hukum Susi Air, Donal Fariz, ketika dikonfirmasi.

Lihat Juga: KKB Sita Pesawat Susi Air Karena Dana Desa

Donal Fariz menuturkan kliennya telah menyewa hanggar Malinau selama 10 tahun. Ia menjelaskan bahwa kontrak atas hanggar Malinau berakhir pada 31 Desember 2021.

Menurut Donal, pihak Susi Air juga telah mengajukan permohonan perpanjangan kontrak sewa tempat itu sejak November 2021. Tetapi, tuturnya, Pemerintah Kabupaten Malinau menolak permohonan tersebut.

Ia juga mengatakan Susi Air sudah mengajukan permohonan penundaan pemindahan pesawat untuk tiga bulan kedepan. Donal menyampaikan rencananya pesawat-pesawat tersebut akan memindahkan sendiri secara bertahap sebab ada pesawat yang masih dalam perawatan.

Donal meyebut selama ini maskapai milik Susi Pudjiaswati ini membayar Rp33 juta setiap bulan untuk menyewa hanggar. Donal juga mengungkap bahwa Pemkab Malinau sudah menandatangani kontrak dengan maskapai lainnya pada Desember 2021 sebelum kontrak Susi Air berakhir.

Susi Air Diganti Profil Smart Aviation

Mengutip situs resmi perusahaan, Smart Aviation yang akan menjadi pengganti di hanggar Malinau. Perusahaan jasa penerbangan komersil tak berjadwal ini telah berdiri sejak 2016 dan memiliki kantor pusat di Jakarta.

Smart Aviation memiliki total armada 11 Cessna Caravan 208/208B aircraft, dua Pilatus PC-6 Porter aircraft dan satu Airbus H 130 T2 helicopter.

Lihat Juga: Tidak Ada Maskapai Asing di Seluruh Dunia yang Layani Rute Penerbangan Domestik

Selain itu, perusahaan ini juga mempunyai dan mengoperasikan bandara pribadi yang terletak di Singkawang, Kalimantan Barat.

Perusahaan ini juga menambah armadanya dengan empat Cessna Caravan 208Bs, tiga Pilatus PC6 Porters by 2022 dan rencananya akan menambah satu Cessna 408 SkyCourier twin-engine.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top