News

Kursi Jubir Presiden Kosong, PDIP dan PD Sahut-menyahut

Kursi Jubir Presiden Kosong, PDIP dan PD Sahut-Menyahut

Kursi juru bicara (jubir) Presiden Joko Widodo (Jokowi) kosong setelah Fadjroel Rachman diangkat menjadi Dubes Kazakhstan. Terkait hal itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan komunikasi politik Presiden tidak bisa dilakukan dengan mengarang lagu dan menulis buku tebal.

Membalas pernyataan Hasto, Deputi Bappilu Partai Demokrat (PD) Kamhar Lakumani memilih untuk berprasangka positif. Kamhar menilai, jika pernyataan Hasto merupakan sindiran untuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hal itu tidaklah relevan.

“Terkait pernyataan Hasto, kami berbaik sangka bahwa itu bukanlah insinuasi terhadap pak SBY. Tidak pas dan tidak relevan. Adalah benar bahwa pak SBY memiliki karya tulis berupa buku dan karya seni, tak hanya lagu, saat ini juga berupa lukisan. Ini bakat luar biasa sekaligus tanda keseimbangan fungsi otak kiri dan otak kanan yang optimal dari pak SBY,” kata Kamhar,” Selasa (26/10/2021).

Kamhar juga menilai sindiran Hasto tidak relevan jika dikaitkan dengan jubir Presiden. Dia lantas membanggakan jubir Presiden era kepemimpinan SBY yang (menurutnya) diduduki oleh interlektual-intelektual terkemuka.

“Menjadi tak relevan sindiran Hasto jika dikaitkan dengan keberadaan jubir kepresidenan. Karena, meskipun pak SBY bukan yang pertama menggunakan jubir kepresidenan, namun di era pak SBY-lah peran jubir kepresidenan menjadi sangat populer. Yaitu, bang Andi Mallaranggeng dan Bang Dino Pati Jalal di periode pertama dan Bang Julian Aldrin Pasha di periode kedua. Mereka adalah intelektual-intelektual terkemuka dengan reputasi dan capaian yang mendapatkan pengakuan nasional dan internasional,” terangnya.

PD Sebut Hasto Gagal Move On

Lebih lanjut, politikus PD itu menyebut Hasto gagal move on dan insecure. Dia lalu mengungkit etika politik yang sebaiknya tidak menjelek-jelekkan kepemimpinan di era terdahulu.

“Jadi kami positif thingking merespons pernyataan Hasto tersebut. Karena, jika dialamatkan ke pak SBY, hanya semakin menegaskan bahwa Hasto insecure dan gagal move on. kami berpegang pada fatsun etika politik berbangsa dan bernegara bahwa penguasa yang sedang berkuasa tak patut dan tak pantas untuk menjelek-jelekkan penguasa pendahulunya sebagaimana dulu ditunjukkan di masa pemerintahan SBY tak pernah menghakimi apalagi menjelek-jelekkan pemerintahan bu Megawati,” papar Kamhar.

Kamhar kemudian mengingatkan Indonesia masih dilanda berbagai permasalahan akibat pandemi Covid-19. Dia menegaskan pentingnya sikap saling bersinergi, bukan malah sebaliknya.

“Negara dan rakyat kita sedang diterpa berbagai persoalan akibat pandemi Covid-19. Semestinya semua elemen bangsa bersinergi dan berkolaborasi mengatasi persoalan yang ada, bukan malah sebaliknya. Semoga Hasto terbuka hati dan pikirannya untuk mewujudkan suasana yang lebih teduh dan kondusif,” sambungnya.

PDIP Bicara Soal Kursi Jubir Presiden Kosong

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berbicara soal kursi jubir Presiden Jokowi yang mengalami kekosongan lantaran Fadjroel Rachman diangkat sebagai Dubes Kazakhstan. Hasto mengatakan keputusan terkait ada-tidaknya jubir Presiden ada di tangah Jokowi.

“Ada-tidaknya jubir Presiden merupakan bagian dari ranah kebijakan Presiden tentang perlu-tidaknya posisi tersebut. PDI Perjuangan menyerahkan hal tersebut kepada Presiden. Yang terpenting, bagi PDI Perjuangan bahwa komunikasi politik itu sangat penting. Rakyat berhak mengetahui kebijakan Presiden dan seluruh komunikasi politik yang dilakukan pemerintah harus bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, membangun persatuan dan menggelorakan optimism bangsa untuk maju,” kata Hasto, Selasa (26/10/2021).

Hasto lantas menambahkan perihal pentingnya komunikasi politik. Menurut dia, omunikasi politik tidak bisa dilakukan dengan mengarang lagu dan menulis buku tebal.

“Komunikasi politik Presiden tidak bisa dilakukan dengan mengarang lagu atau menulis buku tebal. Namun harus dilakukan proporsional, efektif dan menyentuh hal-hal yang bersifat strategis,” sambungnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top