News

Lagi, Singapura Tarik Produk Mie Sedaap Asal Indonesia

Produk Mie Sedaap Kembali Ditarik Singapura

Singapore Food Agency (SFA) kembali menarik dua varian Mie Sedaap asal Indonesia karena diduga mengandung etilen oksida. Kedua varian mie instan itu adalah Mie Sedaap cup Kari Spesial dan Korean Spicy Chicken.

Mengutip laman resmi SFA, Selasa (11/10/2022), penarikan produk mie instan itu tengah berlangsung. Singapura hanya mengizinkan produk yang lolos uji laboratorium untuk dirilis dan dijual.

Sebelumnya, SFA mengidentifikasi bubuk cabai di dalam mie instan ini terkandung etilen oksida.

“Melalui pengujian peraturan kami, SFA telah mengidentifikasi bubuk cabai terkontaminasi dengan etilen oksida,” kata SFA.

SFA sendiri sudah memberikan himbauan agar toko-toko kelontong produk Indonesia, Indostop Singapore, untuk segera menarik kedua varian produk tersebut dari peredaran.

Lihat Juga: Mengandung Pestisida Lebih Dari 50Mg, Mie Sedaap Ditarik dari Peredaran di Singapura

Dengan adanya tambahan kedua produk tersebut, maka total enam produk Mie Sedaap yang sudah ditarik dari peredaran di Singapura sejak otoritas negara itu mengumumkan bubuk cabai dalam produk mie instan asal RI itu terkontaminasi pestisida.

Pada 6 Oktober lalu, SFA telah memerintahkan penarikan varian Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken. Lalu pada 8 Oktober, SFA kembali memerintahkan penarikan, kali ini yang ditarik dari peredaran adalah rasa soto dan kari.

Kata BPOM RI Soal Produk Mie Sedaap Mengandung Etilen Oksida

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) sendiri juga melakukan uji sampling untuk memastikan keamanan produk ini. Sampling dilakukan terhadap beberapa produk yang diduga terkontaminasi.

“Soal Mie Sedaap ini, BPOM sedang melakukan kajian dan masih sampling. Tapi produk yang terdaftar di Indonesia aman,” ujar Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito, Selasa (11/10/2022).

Ia memastikan produk yang beredar di Indonesia dapat dikonsumsi karena sudah melewati pengawasan keamanan pangan sebelum diedarkan. Namun, uji sampling tetap dilakukan untuk memastikan keamanan produk dan memperkuat rekomendasi penggunaan di Indonesia.

Lihat Juga: BPOM RI Uji Adanya Gas Etilen Oksida pada Mie Sedaap Usai Jadi Sorotan di 3 Negara

Etilen oksida sendiri adalah pestisida yang tidak boleh digunakan dalam makanan. Meski tidak menyebabkan risiko langsung pada tingkat konsumsi rendah, namun mengonsumsinya dalam jangka panjang dapat memicu gangguan kesehatan.

Konsumen yang telah membeli produk tersebut juga disarankan untuk tak mengonsumsinya. Sementara yang sudah mengonsumsi produk Mie Sedaap tersebut disarankan untuk meminta rekomendasi medis ke dokter.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top