News

Legislator: Kehadiran Jokowi Dalam Pembukaan PON XX Papua Bukti Papua Bukan “Anak Tiri”

Legislator: Kehadiran Jokowi Bukti Papua Bukan “Anak Tiri”

Presiden Joko Widodo membuka secara langsung penyelenggaraan PON XX Papua 2021. Anggota DPR dapil Papua Barat Robert Kardinal, menilai kehadiran Presiden Jokowi dalam pembukaan tersebut menjadi bukti bahwa Papua bukan “anak tiri”.

“Kami bangga Papua terpilih menjadi tuan rumah perhelatan PON XX tahun ini. Kehadiran Presiden Joko Widodo, yang membuka PON XX Papua, memberikan makna khusus kalau Papua tak diperlakukan berbeda dengan provinsi lainnya di Indonesia,” kata Robert dalam keterangannya, Minggu (3/1/2021).

Sebab itu, ia meminta masyarakat Papua untuk tak lagi berpikir kalau mereka diperlakukan berbeda dengan masyarakat lainnya di luar Papua. Ia juga menekankan kepada orang Papua, jangan mau dipecah belah.

“Momentum yang dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo jelas sudah menunjukkan kalau Papua tidak dianak tirikan. Jangan ada lagi pikiran kalau kita beda, jangan mau dipecah belah,” imbuh Robert.

Lihat Juga: Kontroversi Raffi-Nagita Jadi Ikon PON XX Papua

Menurutnya, bukti bahwa Papua bukan anak tiri tidak hanya tampak dari kehadiran Presiden RI dalam pembukaan PON XX Papua. Robert menguraikan bahwa pemerintah menyiapkan anggaran hingga Rp 40,85 T untuk membangun insfrastruktur Papua, dalam mendukung pengembangan dan pelayanan dasar di provinsi timur Indonesia itu.

Alokasi anggaran tersebut telah tertulis dalam RKP (Rencana Kerja Pemerintah) 2022. Anggaran itu digunakan untuk pembangunan beragam program dasar di sejumlah daerah, termasuk Papua.

Dalam RKP 2022 tersebut terdapat 2 proyek papua yang dianggarkan, yaitu Jembatan Udara 37 Rute senilai Rp 210,72 M dan pembangunan Jalan Trans Papua Merauke-Sorong sebesar Rp 1,81 T.

“Penyelenggaraan PON XX menegaskan kehadiran pemerintah pada beragam sektor di Papua. Tidak hanya pembangunan infrastruktur berupa jalan dan lain-lain, tetapi juga lewat penyelenggaraan olahraga yang mempersatukan Indonesia. Papua merupakan Indonesia,” ucap politisi Golkar tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo secara resmi membuka PON XX Papua 2021. Presiden Indonesia itu mengaku bangga membuka Pekan Olahraga Nasional XX, yang merupakan gelaran PON pertama di Bumi Cenderawasih itu.

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim. Dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. PON XX Papua dengan resmi dibuka,” ucap Jokowi dalam pembukaan acara tersebut yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretarian Presiden, Sabtu (21/10/2021).

“Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara tentu sama. Kita bangga berada di Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia-Pasifik ini. Kita bangga membuka PON XX, PON pertama yang diselenggarakan di Papua,” sambungnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top