News

Black Box Sriwijaya Air SJ-182, TNI AL Kunci Lokasi

Spesifikasi Pesawat Terbang Sriwijaya Air SJ 182

Kepala Staf Angkatan Laut( KSAL) Laksamana Yudo Margono posisi keberadaan black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

sudah diresmikan di dasar laut di posisi jatuh pesawat nahas tersebut. Dikala ini para penyelam tengah fokus mencari Black Box di posisi yang diisyarati tersebut.

“Sudah diresmikan( posisi pencarian) 140 x 100 m, seluruh penyelam fokus di sini. Mungkin black box terdapat di situ. Masih terdapat puing- puing serta puing- puing masih sedikit yang diambil,” kata Yudo dalam konferensi pers di atas KRI Rigel di perairan Kepulauan Seribu, Senin( 11/ 1).

Walaupun begitu pencarian masih menemui beberapa kesusahan. Dari mulai arus laut sampai jarak pandang terbatas. Belum lagi puing- puing pesawat di dasar laut.

“Sebab di dasar masih banyak puing- puing dengan tabah senantiasa melakukan pencarian, suasana tidak semacam kemarin. Hari ini berombak. Pengaruhi jarak pandang,” kata Yudo.

Sedangkan itu Panglima Komando Armada I Laksamana Muda Abdul Rasyid berkata sinyal dari Black Box ditemukan KRI Rigel yang terletak di dekat Pulau Lancang. Pencarian Black Box hendak dipusatkan di wilayah tersebut.

” Sinyal masih kita tangkap dari KRI Rigel ini,” kata Rasyid, Senin( 11/ 1).

Rasyid membenarkan sinyal black box yang berasal dari dekat KRI Rigel ini tidak beralih. Letaknya kata ia, masih sama dengan tangkapan sinyal di dini terpaut black box ini.

Tetapi, kata Rasyid, di dekat daerah itu ada banyak hambatan berbentuk obstacle serta puing- puing pesawat yang membatasi jarak pandang. Puing- puing tersebut hendak dibersihkan esok.

Dia berkata aktivitas penyelaman esok hendak diawali jam 07. 00 Wib.

” Jam 17. 00 Wib aku telah( hentikan) buat penyelam, hendak dilanjut esok pagi. Jam 07. 00 esok pagi penyelam telah masuk ke air lagi,” katanya.

Walaupun demikian, Rasyid membenarkan grupnya senantiasa menerjunkan Remotely Operated Vehicle (ROV) buat melaksanakan gambar dasar air pada malam ini buat pencarian black box.

” ROV kita hendak operasikan buat melakukan gambar dasar air. Esok kita turunkan sekoci, mempunyai akurasi informasi serta kita berlayar di atasnya,” katanya.

Baca Juga : 7 Jenazah Korban Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang terbang dari Lapangan terbang Soekarno- Hatta itu ditentukan jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu( 9/ 1). Regu SAR gabungan sudah menciptakan puing- puing sampai potongan badan diprediksi penumpang pesawat tersebut.

Sepanjang ini, baru satu korban Sriwijaya SJ 182 yang sukses teridentifikasi atas nama Okky Bisma, salah satu kru pesawat.

To Top