News

Lokasi Terbaik Melihat Gerhana Matahari Total 14 Desember

Lokasi Terbaik Melihat Gerhana Matahari Total 14 Desember

14 Desember menjadi satu-satunya momen untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total di tahun 2020 ini. Gerhana Matahari tersebut akan terlihat di Pasifik Selatan yang meliputi wilayah Argentina, Chile, dan Samudra Atlantik selatan.

Sedangkan, Gerhana Matahari Sebagian akan terlihat di wilayah yang lebih luas di Pasifik, seperti Amerika Selatan bagian selatan, dan juga Antartika. Gerhana Matahari tersebut dapat terjadi ketika bulan tampak melintas di depan Matahari seperti yang terlihat dari Bumi.

Saat mereka berbaris pada satu titik yang sama, Bulan akan menutupi seluruh Matahari dan menyebabkan gerhana total. Sedangkan di lain waktu hanya sebagai Matahari saja yang tertutupi dalam gerhana sebagian.

Gerhana fase parsial dimulai pukul 8.33 pagi EST (1333 GMT) dan terlihat oleh pengamat yang berada di Samudra Pasifik, ribuan mill lepas pantai tenggara Kepulauan Hawaii.

Fase total gerhana terlihat satu jam kemudian pada saat pukul 09.32 pagi EST (1432 GMT). Gerhana maksimum, atau momen gerhana total ini dimulai pada pukul 11.12 EST (1613 GMT).

Lihat Juga: Harmonis!! Saat Nyepi dan Solat Gerhana Matahari di Bali

Titik gerhana terbesar akan terjadi di 29 km barat laut desa dan kota Sierra Colorada, Argentina. Sayangnya, hanya ada sedikit lokasi di mana orang-orang bisa menyaksikan momen langka ini. Namun, masih ada beberapa tempat di mana orang-orang bisa melihat ke langit dengan aman.

Jangan pernah melihat Matahari langsung tanpa menggunakan kacamata pengaman. Karena bisa merusak mata, walaupun mengamati Gerhana Matahari Total selama fase totalitas singkat bisa dilakukan dengan hati-hati. Biasanya, para ilmuwan akan menggunakan filter khusus pada teropong maupun teleskop untuk mengamati momen gerhana ini dengan aman.

Cerro Bayo, Rio Negro, Argentina, gerhana akan terlihat di wilayah itu sekitar 1 menit 53 detik dan gerhana total dimulai pada pukul 01.10 malam waktu setempat.

Lihat Juga: Kenapa Matahari Menjadi Pusat Tata Surya?

Sedangkan di Villarica, Chile, Gerhana Matahari di penghujung tahun ini dapat disaksikan selama 2 menit 9 detik. Gerhana total akan mulai pada pukul 13.02 dan berakhir pada pukul 13.04 waktu setempat, dikutip dari timeanddate.com.

Gerhana Matahari ini akan memiliki jalur totalitas selebar 90 km dan bergerak ke arah Timur melewati Argentina dan Chile.

Sedangkan Salina del Eje yang berada di Argentina akan menjadi lokasi terakhir untuk melihat gerhana ini. secara resmi, Gerhana Matahari Total akan berakhir di lepas pantai Namibia setelah melewati Samudera Atlantik.

Gerhana Matahari berikutnya akan menjadi Gerhana Matahari Annular yang diprediksi akan terjadi pada 10 Juni 2021 dan bergerak melintasi wilayah Kanada, Greenland, dan Asia.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top