News

Luhut Binsar Panjaitan Bantah Perusahaannya Terkait Panama Papers

Luhut Binsar : Pemerintahan Jokowi Sebaiknya Diteruskan Dua Periode

Luhut Binsar Pandjaitan ‘Menkopolhukam’ terkait dengan tercantum namanya di Panama Papers atas kepemilikan satu perusahaan cangkang ‘Mayfairs International Ltd’ yang berdiri di negara suaka pajak Republik Seychelles.

Luhut akhirnya mengklarifikasi terkait namanya yang ada dalam Panama Papers di Kantor Menkopolhukam (25/4), “Saya tidak pernah mendengar nama perusahaan tersebut hingga saat saya menerima surat permohonan wawancara. Kemudian saat melakukan wawancara dengan majalah tersebut saya baru mengetahui bahwa perusahaan itu berdiri pada tahun 2006. Kenyataanya, pada tahun 2006 saya belum memiliki uang, jadi untuk apa saya mendirikan perusahaan cangkang seperti itu,” ujarnya.

Respon Luhut atas pemberitaannya di Majalah Tempo edisi 25 April. Menurutnya memang benar ia adalah pendiri PT Toba Bara Sejahtera dan mempunyai beberapa anak perusahaan. Namun dirinya membantah terkait perusahaan didalam panama papers.

“Perusahaan cangkang tersebut tidak mempunyai hubungan dengan perusahaan saya, baik perusahaan induk maupun anak perusahaannya, termasuk Buana Inti Energi,” ujarnya.

Luhut kembali menegaskan, PT Persada Inti Energi adalah bukan perusahaan miliknya. Keterkaitannya Perusahaan cangkang dengan PT Persada Inti Energi dalam proyek Infrastruktur Tanah Air. “Jadi, Saya tidak tahu proyek apa saja yang sedang mereka kerjakan. Disebutkan Pemegang saham ‘PIE’ adalah anak buah saya ‘Elizabeth’. dahulu Elizabeth pernah bekerja diperusahaan saya sebagai direktur Keuangan. Tapi tahun 2008 dia diminta untuk mengundurkan diri karena dirinya tidak menjalankan perusahaan sesuai dengan prinsip-prinsip juga tata kelola perusahaan yang saya pegang.”

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top