News

Mahfud MD Batalkan Rakor Tentang Isu Penundaan Pemilu 2024!

Mahfud MD Batalkan Rakor Tentang Isu Penundaan Pemilu 2024!

Benarkah Mahfud MD batalkan rakor soal isu pemunduran Pemilu 2024 dibatalkan? Jika benar, apa alasannya?

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menekankan, rapat korrdinasi (rakor) terkait pembahasan penundaan Pemilu yang rencananya bakal digelar di Balikpapan, Senin (28/3/2022) mendatang batal.

Diketahui, menurut rencana rapat yang sebelumnya tersebar, acara itu akan mengundang beberapa elemen, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Penagwas Pemilu (Bawaslu).

“Itu kita batalkan karena itu akan menimbulkan isu liar seakan-akan kita mengagendakan,” kata Mahfud kepada wartawan dalam kunjungan kerja di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Minggu (20/3/2022).

Lihat Juga: Beredar Undangan Penundaan Pemilu 2024 dari Kemenko Polhukam, Mahfud Beri Penjelasan

Ia mengatakan, sebetulnya rapat tersebut akan digelar untuk menjelaskan kepada publik bahwa agenda pemerintah tetap untuk mengadakan Pemilu 2024 sesuai waktu yang telah ditentukan.

“Padahal (pada rapat) kita mau menjelaskan kepada masyarakat bahwa agenda pemerintah tetap,” terang Mahfud MD.

Menurutnya, di negara demokrasi, masyarakat mempunyai kebebasan untuk menyampaikan pendapat, berbeda dengan jaman Orde Baru, di mana partai politik, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) tak boleh bersuara.

Mahfud MD Batalkan Rakor, Pemerintah Konsisten Gelar Pemilu 2024

Sebelum Mahfud MD batalkan rakor terkait isu penundaan Pemilu 2024 muncul, ia sudah menegaskan bahwa pemerintah tetap fokus menggelar Pemilu sesuai dengan waktu yang telah disepakati, yakni 14 Februari 2024.

Lihat Juga: Mahfud Md Tegaskan Pemilu 14 Februari 2024, Sudah Disetujui Jokowi

Mahfud MD pun mengaku tak ingin ambil pusing dengan pernyataan yang tak sejalan dengan para partai politik. Ia mengatakan, itu adalah urusan para pejabat di DPR. Pasalnya, diskusi yang diskusi yang ada di Partai Politik, LSM, DPR dan Ormas merupakan hal yang wajar untuk dilakukan.

Mantan KPU Kritik Undangan Rakor dari Menko Polhukam

Eks Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay menyampaikan kritik kepada Kemenko Polhukam soal undangan rakor pembahasan penundaan Pemilu 2024

Lihat Juga: Klaim Luhut Soal Big Data Penundaan Pemilu: AHY Tuding Manipulasi, PDIP Minta Klarifikasi

Ia mengatakan undangan tersebut menimbulkan kecurigaan, pasalnya Kemenko Polhukam tak merinci isi acara rakor tersebut dalam undangan. Selain itu, Hadar juga menanyakan tindakan Kemenko Polhukam yang mengundang KPU Balikpapan tanpa sepengetahuan KPU Pusat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top