News

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Saat Berpidato, Pelaku Langsung Diringkus

Shonzo Abe Ditembak

Eks Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe ditembak ketika melakukan kampanye di Kota Nara, Jepang Selatan, pada Jumat (8/7/2022) pukul 22.30 waktu setempat. Meski kondisinya belum diketahui secara detail, media local mengabarkan Abe tidak menunjukkan tanda-tanda vital setelah penembakan itu.

“Satu orang, yang diyakini sebagai penembak, telah ditahan. Kondisi mantan perdana menteri Abe saat ini tidak diketahui,” kata kepala sekretaris kabinet Hirokazu Matsuno kepada wartawan.

“Apapun alasannya, tindakan barbar seperti itu tidak akan pernah bisa ditoleransi, dan kami mengutuk keras itu,” imbuhnya.

Menurut media setempat, Shinzo Abe mengalami cardiorespiratory arrest atau henti jantung. Istilah ini kerap digunakan di Jepang untuk memberikan keterangan sebelum kematian yang disebabkan oleh kondisi masalah koroner.

“Dia memberikan pidato dan seorang pria datang dari belakang. Tembakan pertama terdengar seperti mainan. Dia tidak jatuh dan ada ledakan besar. Tembakan kedua lebih terlihat, Anda bisa melihat percikan dan asap,” kata seorang perempuan di tempat kejadian kepada NHK.

Lihat Juga: 7 Prinsip Budaya Kerja Jepang yang Semestinya Kita Tiru, Bikin Produktif!

“Setelah tembakan kedua, orang-orang mengelilinginya dan memberinya resusitasi jantung (cardiac massage),” lanjut perempuan tersebut.

Seorang sumber dari Partai Demokrat Liberal (LDP) melaporkan, pasca penembakan itu, Abe langsung pingsan dan mengalami pendarahan pada leher. Koresponden CAN Jepang, Michiyo Ishida mengatakan, Abe sempat memegang dadanya sebelum akhirnya pingsan. Saksi juga melaporkan adanya genangan darah di lokasi kejadian.

Pelaku Penembakan Shinzo Abe Ditangkap

Sementara itu, pihak kepolisan menyatakan telah menangkap pelaku terduga penembak Shinzo Abe. Penembakan tersebut diduga dilakukan dari belakang. Pelaku diketahui seorang pria berusia 41 tahun bernama Yamagami Tetsuya.

Ia ditangkap di lokasi beserta senja api yang sebelumnya terlihat dipegangnya. Abe dikabarkan ditembak dengan senjata shotgun.

Lihat Juga: Daftar Skandal PM Inggris Boris Johnson yang Didesak Mundur dari Jabatannya

Shinzo Abe sendiri menjadi perdana menteri terlama di Jepang. Dia mengundurkan diri pada 2020 lalu karena alasan kesehatan. Abe kemudian mengaku bahwa dirinya mengidap penyakit usus colitis ulseratif kambuhan.

Setelah mundur, ia digantikan oleh sekutunya Yoshihide Suga, dan kemudian diganti oleh Fumio Kishida.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

7 + 11 =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top