News

Ma’ruf Amin Minta MUI Tuntun Umat Pilih Capres yang Afdal di Pilpres 2024

Wapres Ma'ruf Amin

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk turut membantu membimbing umat memilih calon presiden (capres) yang afdal atau terbaik di Pilpres 2024.

Menurut dia, hal tersebut adalah salah satu ajaran Nabi Muhammad SAW. Seorang pemimpin, kata Ma’ruf, harus mempunyai kapasitas, kapabilitas, integritas dan akhlak mulia.

“Karena itu, kita mengharapkan semua supaya memilih yang afdal, jangan yang tidak afdal. Memilih yang alyaq, yang ashlah, ya tentu yang mempunyai kapasitas, kapabilitas, integritas, akhlak yang mulia. Supaya yang dipilih yang terbaik daripada calon yang ada,” sebut Ma’ruf saat berpidato di Milad MUI ke-47 di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/7/2022).

“Itu saya kira Majelis Ulama Indonesia mengarahkan kepada umat seperti itu. Bukan berdasarkan suka atau tidak suka, tapi Al-Afdhal, Al-Ashlah dan Al-Alyaq, yang terbaik. Itu barangkali tugas Majelis Ulama Indonesia dalam mengarahkan umat ke sana. Bukan mengarahkan pilih A atau B, ini dan itu,” lanjutnya.

Lihat Juga: Ma’ruf Amin Sentil Menteri Jokowi yang Sibuk Gerilya Jelang Pemilu 2024

Meski begitu, pernyataan tersebut diutarakan Ma’ruf Amin bukan untuk meminta MUI terlibat dalam urusan Pilpres 2024. Pasalnya, urusan capres maupun cawapres adalah keputusan partai politik yang memenuhi syarat ambang batas 20% suara parlemen.

Ma’ruf Amin Minta MUI Jaga Keutuhan Bangsa

MUI sebagai mitra pemerintah, ujar Ma’ruf bertugas untuk menjaga keutuhan Indonesia. Termasuk ketika masyarakat menghadapi Pemilu 2024 nanti.

Ma’ruf Amin mengharapkan Pemilu 2024 tidak sampai menimbulkan konflik antar umat Islam. Menurut dia, masyarakat harus bisa saling menghormati walaupun berbeda pilihan dalam pilpres.

“Prinsip yang kita lakukan Lakum capresikum’ (bagimu capresmu), walana capresuna (bagi kami capres kami). Capres ente, capres ente, capres saya, capres saya. Tak perlu jadi benturan,” ucap Ma’ruf.

Lihat Juga: Alasan Tunda Pemilu Demi Tolong Ma’ruf Amin, Cak Imin Dikritik Sana-sini

Selain itu, ia juga meminta peran MUI sebagai pelayan umat agar selalu dijalankan. Terutama, dalam menjaga umat dari akidah hingga pirikan yang tidak sesuai syariat.

“Dari cara berfikir tak moderat. Juga jangan sampai umat konsumsi sesuatu tak halal. Minum tak halal. Dan bermuamalah yang tak sesuai syariah. Ini harus dijaga umatnya,” tuturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top