News

Massa Lempari Pos Penyekatan Suramadu Dengan Petasan

Massa Lempari Pos Penyekatan Suramadu

Video massa menggeruduk pos penyekatan Suramadu tidak jauh dari Badan Pengembangan Wilayah Surabaya (BPWS) dan melempari para petugas dengan petugas menjadi viral. Polisi mengatakan peristiwa tersebut berlangsung sekitar tiga puluh menit.

Kompol Eko Nur Wahyudiono, Kabag Ops Polrestabes Pelabuhan Tanjung Perak memaparkan, awalnya terlihat sekelompok pengendara motor di sisi barat arah Madura. Tetapi mereka tak menyeberang dan menuju arah Madura, namun menuju ke arah Surabaya.

“Mereka tak naik menuju arah Madura tetapi putar balik menuju arah Surabaya sembari blayer-blayer motor. Mendekat ke pos tenda nakes. Lalu kita usir. Peristiwanya mulai pukul 04.30 WIB hingga 05.00 WIB. Setengah jam saja, kita melihat sisi tengah barat lalu langsung putar balik menuju timur arah Surabaya,” beber Eko di Surabaya, Selasa (22/6/2021).

Lihat Juga: Tentang COVID-19 Varian India Di Jatim, Begini Kata Epidemiolog

Dalam video yang beredar, terdengar pula seperti suara tembakan. Tapi dengan tegas Eko mengatakan suara tersebut berasal dari petasan dan knalpot kendaraan.

“Lari-lari, mereka kan membawa mercon, lalu sepeda motornya. Suara motor jedar.. jedar itu akibat businya dimainkan jadi bunyi dor.. dor begitu. Itu bunyi motor sama mercon. Ada suara-suara tersebut (motor dan petasan) kita kejar mereka lari,” lanjut Eko menjelaskan.

Sebelumnya beredar tiga rekaman video, dalam video pertama terdengan 2 kali letusan petasan. Sementara petugas TNI berusaha mencegah sejumlah massa yang menghampiri pos penyekatan Suramadu dengan sepeda motor. Massa terlihat menghampiri petugas sambil menggas motornya hingga bunyi knalpot terdengar nyaring.

Petugas di lokasi pos penyekatan Suramadu pun berusaha mengejar massa namun mereka langsung melaju kencang dengan motor yang dikendarainya. Keriuhan massa dan petugas hingga suara petasan juga terdengar keras.

Kemudian pada video kedua berdurasi 25 deti, petasan kembali terdengar. Terlihat juga sejumlah anggota TNI menghampiri massa.

“Massa kumpul di belakang BPBD,” kata suara dalam video tersebut.

Sedangkan di video terakhir yang berdurasi 28 detik, terdengar dua kali suara petasan. Selain itu suasana di sekitar tenda pos penyekatan Suramadu juga terlihat. Beberapa petugas terekam meneriaki massa yang menggunakan motor, kemudian massa menyahutinya dengan bunyi petasan dan teriakan dalam bahasa Madura.

To Top