News

Memanas! Elite Gerindra Tuding Ijtima Ulama Direkayasa Sandiaga Uno

Memanas! Elite Gerindra Tuding Ijtima Ulama Direkayasa Sandiaga Uno

Politisi sekaligus Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Kamrussamad, menuduh dukungan beberapa ulama untuk Sandiaga Uno maju Pilpres 2-21 adalah upaya merekayasa Ijtima Ulama. Kamrussamad khawatir identitas ulama sengaja dieksploitasi Sandiaga.

“Upaya rekayasa forum Ijtima Ulama DKI Jakarta (deklarasi Oktober 2021) dan forum Ijtima Ulama Jawa Barat (deklarasi Desember 2021) adalah tindakan yang potensial memunculkan politik identitas sebagai pemecah belah bangsa,” kata Kamrussamad melalui keterangan tertulis, Kamis (16/12/2021).

“Saya khawatir ada kelompok oknum yang bekerja sistematis dengan Sandiaga hingga tega melakukan eksploitasi identitas ulama,” sambungnya.

Kamrussamad mengingatkan kepada masyarakat dan para ulama untuk mencari kontribusi Sandiaga kepada perjuangan umat Islam. Ia menganggap pencarian rekam jejak Sandiaga terhadap umat Islam diperlukan.

Lihat Juga: Sinyal Kuat Prabowo Nyapres Lagi, Gerindra Minta Doa Restu

“Para ulama dan umat pun harus tahu sosok Sandiaga yang sebetulnya, jangan lihat cover saja. Track record-nya dalam 20 tahun terakhir. Jejak dan kontribusinya kepada perjuangan umat apa. Saja khawatir ulama kita belum benar-benar mengetahui jejah sebenarnya Sandiaga, karena itu diperlukan tabayun dulu,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menegaskan tantangan bagi umat Islam saat ini bukan lagi soal dukungan terkadap kandidat calon presiden. Ia menyebut tantangan ulama saat ini adalah mengembalikan citra pesantren setelah sejumlah kasus, seperti kasus Herry Wirawan diketahui publik.

“Tantangan umat Islam kini bukan deklarasi capres, tetapi kesulitan ekonomi sebab hilangnya lapangan kerja karena COVID-19.”

“Sedangkan tantangan ulama yaitu membangun kembali cintra pesantren sebagai pusat majelis ilmu. Dan pusat pembentukan akhlak mulia santri, kader, umat yang akhir-akhir ini tercoreng karena perbuatan HW di Bandung,” imbuhnya.

Lihat Juga: Banyak yang Dukung Maju Pilpres, Sandiaga Uno: Silakan!

Kamrussamad menghimbau agar para ulama mewaspadai upaya pemecah belahan umat Islam. Ia mengajak berbagai pihak untuk fokus menjaga persatuan.

“Kami himbau kepada ulama, tokoh agama supaya waspada akan upaya pemecah belah antar umat. Dan mari kita fokus jaga persatuan, jaga wibawa dan kharisma ulama serta mengembalikan citra pondok pesantren sebagai pusat peradaban Islam.

Seperti diketahui, sejumlah ulama yang tergabung di forum Ijtima Ulama Jawa Barat, mendukung Sandiaga Uno maju pilpres 2024. Mereka menilai Sandiaga layak maju dalam pencalonan tersebut.

Selain itu, Ijtima Ulama di beberapa daerah juga menyatakan dukungannya terhadap Sandiaga Uno. Yang pertama yaitu dari sejumlah ulama yang tergabung di Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia yang mendeklarasikan dukungan di Jakarta Timur.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top