News

Mendag: Harga Minyak Goreng Rp 14.000 Mulai Besok

Mendag: Harga Minyak Goreng Rp 14.000 Mulai Besok

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan harga minyak goreng Rp 14.000 akan dijual serentak di ritel modern yang termasuk anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mulai, Rabu (19/1/2022) hingga enam bulan ke depan.

Sementara itu, harga minyak goreng satu harga di pasar tradisional akan menyusul dalam waktu satu minggu pasca pengesahan ketentuan.

"Kebijakan penyediaan minyak goreng satu harga ini akan dilakukan terlebih dahulu melalui ritel modern yang menjadi anggota Aprindo, kemudian untuk pasar tradisional akan diberikan waktu 1 minggu untuk melakukan penyesuaian kebijakan," katanya di konferensi pers virtual, Selasa (18/1/2022) malam WIB.

Lihat Juga: Resep Nasi Goreng Spesial Ala Resto

Dia mengatakan pemerintah mengeluarkan dana senilai Rp 7,6 triliun untuk mensubsidi 250 juta liter minyak goreng kemasan per bulan atau sekitar 1,5 miliar liter selama enam bulan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan penyebaran minyak goreng itu dilakukan pemerintah untuk mengatasi selisih harga minyak goreng. Hal ini untuk menutupi kebutuhan industri mikro, industri kecil dan rumah tangga.

Upaya tersebut diberikan bukan hanya untuk minyak goreng dalam kemasan satu liter, namun juga untuk minyak goreng kemasan 2 liter, 5 liter dan 25 liter.

"Kebijakan sudah disosialisasikan kepada semua produsen minyak goreng dan ritel modern, pada prinsipnya para produsen dan ritel modern mendukung kebijakan pemerintah ini untuk menstabilkan harga," kata Lutfi.

Lihat Juga: Manfaat Minyak Zaitun dan Khasiatnya

Masyarakat Diingatkan Tak Panic Buying dengan Harga Minyak Goreng Rp 14.000

Pada kesempatan tersebut, Lutfi juga mengingatkan agar masyarakat tidak panic buying atau pembelian panik. Pasalnya pemerintah telah menjamin ketersediaan minyak goreng harga Rp 14.000 per liter cukup untuk kebutuhan masyarakat.

Lihat Juga: Fungsi Minyak Eucalyptus Saat Pandemi dan Bencana

Menteri Perdagangan mengancam perusahaan maupun produsen minyak goreng yang menjual di atas ketentuan akan dijatuhi sanksi hingga izin usaha dicabut. Ia juga memastikan setiap pelanggaran berupa penyelewengan, kecurangan, maupun lainnya akan diproses secara hukum apabila terbukti ditemukan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top