News

Mengenal Adiguna Sutowo, Mertua Dian Sastro Yang Meninggal Hari Ini

zMengenal Adiguna Sutowo, Mertua Dian Sastro Yang Meninggal Hari Ini

Pengusaha yang sekaligus mertua Dian Sastrowardoyo, Adiguna Sutowo tutup usia pada hari Minggu, (18/4/2021) di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Adiguna dikenal sebagai pemilik sekaligus pendiri MRA Group. Ia merupakan putra Ibnu Sutowo, mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) di era Orde Baru.

Kabar wafatnya Adiguna Sutowo ini pun turut dikonfirmasi oleh Head of Public Relations MRA Media, Astera Erlana.

“Benar,” tutur Asteria, seperti dilansir dari Kompas.com, Minggu (18/4/2021).

Menurut penuturannya, almarhum tutup usia pada Minggu (18/4/2021) pukul 04.04 WIB.

“Telah tutup usia Bapak Adiguna Sutowo, Founder MRA Group, Ayah dari Bapak Maulana Indraguna Sutowo, Direktur Utama MRA Group,” ujarnya.

“Semoga almarhum diterima seluruh amal ibadahnya, dimaafkan semua kesalahannya serta diterima di tempat terbaik di sisi-Nya, amin,” sambung Asteria.

MRA sendiri adalah konglomerasi bisnis media yang dimiliki oleh Adiguna Sutowo dan salah satu grup perusahaan media terbesar di Indonesia. Akronim dari PT Mugi Rekso Abadi ini mengendalikan sejumlah media cetak maupun online yang fokus pada makanan dan minuman, gaya hidup, hingga otomotif.

Profil Adiguna Sutowo

Adiguna lahir pada 31 Mei 1958 di Jakarta yang merupakan mantan nahkoda Nugra Santana Group. Kantor grup perusahaan ini beralamatkan di Wisma Nugra Santana, Jalan Jenderal Sudirman, Kav 7-8, Jakarta Pusat.

Melalui grup itulah, adiguna mempunyai PT Suntri Sepuri yang merupakan perusahaan farmasi yang didirikan pada tahun 1998. Perusahaan ini memproduksi tablet, sirop dan suspensi, kapsul, sirop kering injeksi beta laktam. Nama Nugra Santana Group sendiri sempat berjaya pada 1995-1996 kala perekonomian RI sedang tumbuh pesat.

Namun, pada 1997 pamor perusahaan ini mulai meredup karena krisis ekonomi. Majalah Swa edisi November 2004 pernah menuliskan bahwa perusahaan ini turun pamor karena runtuhnya Bank Pacifik yang saat itu dimotori Endang Utari Mokodompit, kakak Adiguna.

Lihat Juga: Profil Mardigu “BossMan Sontoloyo” Wowiek Prasantyo

Selain itu, keluarga Adiguna juga mempunyai bisnis properti. Keluarga Adiguna Sutowo menguasai hak pengelolaan lahan di sekitar Senayan melalui PT Indobuild Co. Beberapa properti yang dikuasainya adalah hotel, convention center, dan apartemen, hotel yang dimaksud yaitu Hotel Sultan.

Di bidang media, pada 1992 Adiguna mendirikan Hard Rock Cafe bersama Soetikno Soedardjo dan Onky Soemarno. Perusahaan patungan ini kemudian melahirkan grup usaha yang kini dikenal sebagai MRA Group yang di dalamnya terdiri dari berbagai unit usaha.

Selain itu, pada 1985, George Junus Aditjondro pernah menulis, Adiguna Sutowo mendirikan PT Mahasarana Buana (Mabua) yang bergerak di bidang dealer kendaraan mewah bersama Hutomo Mandala Putra. Beberapa merek yang disediakan oleh perusahaan tersebut adalah Mercedes Benz, Ducati, Bulgari, B&0, Maserati, dan Ferrari.

To Top