News

Mengenal Mantan KSAD Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar

Mengenal Mantan KSAD Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar

Kamis (28/1/2021) pukul 04.29 WIB Mantan KSAD Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar menghembuskan nafas terakhirnya di RS Pondok Indah, Jakarta. Kabar duka ini dikonfirmasi langsung oleh Kadispen Angkatan Darat, Brigadir Jenderal TNI Nefra Firdaus.

“Innalillahi wainalillahirojiun. Telah berpulang Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar, jenazah dimakamkan di Giribangun , Solo,” terang Nefra.

Profil Wismoyo Arismunandar

Wismoyo lahir di Bondowoso, Jawa Timut pada 10 Februari 1940, ia lulus dari Akademi Militer Nasional pada tahun 1963. Ia mulai meniti kariernya pada bidang militer dari Komandan Pleton YPN-3 RPKAD (1965). Selain itu, ia juga pernah bergabung dengan Dan Team B Yon Sandha (1965-1966), Wismoyo juga pernah menjabat sebagai Komandan Pengawal Pribadi Presiden (1966-1968).

Pada pertengahan tahun 1992, ia dipercaya mengemban jabatan sebagai Wakil KSAD, menggantikan Letjen Sahala Rajaguguk. Hingga pada 6 April 1993, ia diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat. Di kalangan rekan-rekannya, Wismoyo dikenal sebagai sosok yang berjiwa kepemimpinan tinggi. Ia juga dikenal mempunyai kemampuan pembinaan yang bisa diandalkan dan etos kerja yang baik.

Karier Dalam Bidang Olahraga

Selain sebagai salah satu pimpinan TNI, Wismoyo Arismunandar bukan hanya dapat membangkitkan semangat prajurit, terutama bagi anggota yang akan melakukan operasi militer. Di luar kariernya sebagai pasukan militer, Wismoyo sempat beberapa kali mengepalai induk olahraga Indonesia. Seperti dua kali menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia.   

Lihat Juga: AARM 2017 TNI AD Peringkat Pertama 9 Trofi 31 Medali Emas

Saat mengemban jabatan tersebut, Wismoyo bahkan mendapat penghargaan sebagai Pembina Olahraga Terbaik pada 1991. Penghargaan tersebut dianugerahkan setelah para atlet judo Indonesia berhasil meraih 10 medali emas di ajang SEA Games XVI di Manila pada tahun 1991. Selain itu, ia juga sempat terpilih sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia pada 1995.

Pemakaman Jenderal (Purn) TNI Wismoyo Arismunandar

Jenazah dikebumikan di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, yang juga satu kompleks dengan makam Presiden RI ke-2 Soeharto. Wismoyo sendiri merupakan suami Siti Hardjanti Soemoeharjomo yang merupakan adik Ibu Tien Soeharto.

Diketahui, ia meninggal pada usia 80 tahun setelah mendapat perawatan karena sakit yang dideritanya. Sebelum dibawa ke Karanganyar, jenazah almarhum Wismoyo Arismunandar disemayamkan lebih dulu di kediamanannya di Jalan Gempol, No 10, Bambu Apus, Jakarta Timur.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top