News

Menpan RB Tjahjo Kumolo Wafat, Disebut Berawal dari Kelelahan

Tjahjo Kumolo meninggal dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo berpulang pada hari ini, Jumat (1/7/2022) setelah mendapatkan perawatan intensif sejak beberapa hari lalu. Kabar duka ini pun dikonfirmasi oleh petinggi PDIP Junimart Girsang. Ia mengatakan Tjahjo meninggal dunia sekitar pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

Politikus PDIP, Hendrawan Supratikno, menjelaskan kronologi meninggalnya Tjahjo Kumolo. Hendrawan menuturkan, awalnya Tjahjo sempat merasa kelelahan karena bekerja. Ia pun jatuh sakit dan kemudian dirawat di RS Abdi Waluyo sejak pertengahan bulan Juli 2022.

“Awalnya kecapean, letih, pekerjaan yang berat. Kemudian setelah itu jatuh sakit,” ujar Hendrawan seperti mengutip CNN Indonesia, Jumat (1/7/2022).

Setelah jatuh sakit tersebut, diketahui bahwa Tjahjo mengidap komplikasi mulai dari paru-paru hingga asam urat.

“Ada paru-paru, diabetes, asam urat. Orang sakit kan komplikasinya berarti multi organ ya,” lanjutnya.

Tjahjo Kumolo Dimakamkan di TMP Kalibata

Jenazah Tjahjo kemudian dibawa ke rumah duka yang berada di Kompleks Rumah Dinas Widya Chandra 4 No.2, Jakarta. Setelah disemayamkan di kediamannya, jenazah kemudian disalatkan di Masjid Quba sebelum dimakamkan di TMP Kalibata.

Tjahjo merupakan kader senior PDIP. Pada awal karir politiknya, ia juga sempat bergabung sebagai kader partai Golkar. Namun, namanya lebih dikenal saat bersama PDIP hingga akhirnya dipercaya oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menjadi Sekjen PDIP.

Dia lalu mundur dari jabatannya sebagai sekjen PDIP pada 2014 lalu setelah ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk bergabung dengan kabinet sebagai menteri dalam negeri.

Pada pemerintahan Jokowi periode kedua (2019-2024), Tjahjo kembali mendapat kepercayaan masuk kabinet untuk mengisi posisi Menpan RB.

Pemakaman Tjahjo Kumolo akan dipimpin oleh Menko Polhukam Mahfud MD dan Mensesneg Pratikno. Sekretaris KemenPAN RB Rini Widyantini menyampaikan, prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada negara bakal dilakukan setelah solat jenazah di Masjid Quba.

Ia menyebut prosesi itu akan dipimpin Mahfud MD selaku Inspektur Upacara yang kini juga menjadi menteri ad interim. Setelah itu, jenazah Tjahjo Kumolo dibawa ke TMP Kalibata untuk dimakamkan secara militer.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top