News

Mensos Juliari Batubara, Tersangka Suap Bansos

Mensos Juliari Batubara, Tersangka Suap Bansos

KPK menetapkan Menteri Sosial, Juliari Batubara sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Ia diduga melakukan korupsi pengadaan bantuan sosial sembako COVID-19 pada Sabtu, 5 Desember 2020. Selain Juliari Batubara, Pejabat Pembuat Komitmen di Kementerian Sosial, Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono juga ikut ditetapkan sebagai tersangka.

Selain itu, Mensos Juliari Batubara juga diduga menerima suap sebesar Rp 17 miliar. Uang tersebut diduga sebagai fee pengadaan bantuan sosial sembako untuk masyarakat yang terdampak pandemi corona.

Pembagian uang suap tersebut diberikan Matheus Joko Santoso kepada Juliari Batubara melalui Adi Wahyono senilai Rp 8,2 miliar secara tunai. Menurut ketua KPK, Firli Bahuri, pemberian suap tersebut lalu dikelola oleh dua orang kepercayaan Juliari. Dua orang tersebut adalah Eko dan Shelvy N, untuk membayar berbagai keperluan pribadi Juliari Batubara.

Lihat Juga: Bansos Salah Sasaran, Mensos: Tak Perlu Dibesarkan

Sedangkan untuk periode pelaksanaan paket Bansos Sembako Covid-19 dari Oktober sampai Desember 2020, terkumpul uang suap senilai Rp 8,8 miliar. Dengan demikian, total suap yang diterima oleh Juliari adalah Rp 17 miliar, yang keduanya diduga akan digunakan untuk keperluan pribadinya.

“Juliari Batubara selaku Menteri Sosial menunjuk Matheus dan Adi Wahyono. Sebagai Pejabat Pembuat Komitmen dalam pelaksanaan proyek tersebut dengan cara menunjukkan langsung para rekanan,” kata Firli.

Firli menerangkan bahwa uang suap dari tiap paket bantuan sosial sembako diduga harus disetorkan para rekanan kepada Kemensos lewat Matheus.

“Untuk fee setiap paket Bansos disepakati oleh Matheus dan Adi Wahyono sebesar Rp 10.000 paket Sembako dari nilai Rp 300.000 per paket bantuan sosial,” terang Firli.

Selanjutnya, Matheus dan Adi membuat kontrak pekerjaan bersama beberapa supplier sebagai rekanan atau vendor bantuan sosial. Diantaranya yaitu Harry Sidabuke, Adrian IM, dan PT Rajawali Parama Indonesia yang diduga kepunyaan Matheus. Kerjasama bersama pihak swasta sebagai vendor bantuan sosial itu meliputi kontrak pekerjaan yang berlaku mulai Mei sampai November 2020.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top