News

Merasa Belum Layak, Giring Batal Nyapres dan Sodorkan 9 Nama Calon Presiden

Merasa Belum Layak, Giring Batal Nyapres dan Sodorkan 9 Nama Calon Presiden

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha membatalkan niatnya untuk mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Giring batal nyapres karena merasa dirinya belum layak dan ingin lebih fokus mendorong kader partainya ikut di pemilihan legislatif.

Sebelumnya, Giring sempat mengutarakan keinginannya untuk mengikuti Pilpres 2024. Nama dan fotonya pun banyak terpasang di baliho, bahkan mengklaim sudah berkeliling Indonesia untuk mewujudkan niatnya itu.

“Saya merasa bahwa tahun 2024 belum lah waktu bagi saya untuk maju sebagai calon presiden RI. Maka hari ini dengan penuh kesadaran saya H Giring Ganesha Jumaryo mengumumkan mundur dari pencalonan presiden RI,” ujarnya dalam jumpa pers melalui YouTube DPP PSI, Kamis (24/3/2022).

Lihat Juga: PSI Bereaksi Soal Giring di-DO dari Kampusnya Anies Baswedan

Ia pun mengucapkan terima kasih pada donatur, relawan dan para pihak yang membantunya dalam beberapa waktu terakhir.

Setelah Giring batal nyapres, Ketum PSI itu mengatakan akan fokus mendorong kader menempati kursi legislatif supaya lolos di Senayan.

“Bersama kawan-kawan DPP PSI saya akan fokus pada perjuangan meloloskan PSI ke Senayan pada Pemilu 2024 nanti, menghantarkan lebih banyak lagi kader-kader kami ke kursi parlemen dan eksekutif,” katanya.

Giring Batal Nyapres, PSI Sodorkan 9 Nama Capres

Di sisi lain, eks vokalis grup band Nidji itu mengklaim menemukan fakta setelah ia berkeliling Indonesia. Menurutnya, masyarakat masih ingin dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Namun sayang, lanjut Giring, keinginan tersebut terhalang konstitusi yang hanya membolehkan presiden menjabat maksimal dua periode.

Lihat Juga: Ganjarist Sebut Rakyat Jenuh Prabowo Nyapres, Ini Kata Gerindra

Dewan Pimpinan Pusat PSI pun memberikan sembilan nama sebagai sosok yang berpotensi maju dalam pencalonan presiden 2024.

Usulan sembilan nama itu menyusul keputusan Giring batal nyapres pada 2024. Sembilan nama tersebut adalah Emil Dardak, Erick Thohir, Mahfud MD, Muhammad Tito Karnavian, Ganjar Pranowo, Mochamad Ridwan Kamil, Muhammad Andika Perkasa, Sri Mulyani Indrawati dan Najwa Shihab.

Dari sembilan nama tersebut, tidak ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Padahal, kedua nama itu banyak disebut dalam survey dan kerap menempati pilihan teratas responden.

Giring menyebut partainya memutuskan mengusulkan sembilan nama itu karena konstitusi membatasi keinginan rakyat untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top