News

Mewahnya Penjara Austria layaknya Hotel Bintang Lima

Portal Berita

Jika mendengar kata penjara pasti beberapa dari kalian akan merinding, membayangkan hal yang menyeramkan dan ketidaknyamanan. Karena penjara menampung berbagai orang yang melakukan kejahatan.

Namun siapa sangka, terdapat penjara yang mewah menyaingi hotel bintang lima. Justice Center Leoben merupakan pengadilan dan kompleks penjara di Leoben di Styria, Austria. Dalam bahasa Austria disebut dengan Justizzentrum. Bangunan tersebut berdiri sejak tahun 2004 tepatnya pembangunan selesai pada bulan November. Joseph Hohensinn adalah arsitek yang merancang bangunan tersebut. Pada bangunan tersebut terdapat 205 sel tahanan.

Penjara tersebut memiliki fasilitas layaknya hotel berbintang lima. Memiliki kenyamanan yang tinggi yang lain dari pada sebuah penjara. Tidak ada kawat duri yang mengelilingi bangunan tersebut . Hal tersebut bisa dipastikan tidak akan membuat para tahanan kabur, selain nyaman bangunan tersebut juga bersih.

Di sekeliling penjara terdapat dua tulisan sebagai berikut “All human beings are born free and equal in dignity and rights,” yang dalam bahasa Indonesianya, “Semua manusia dilahirkan bebas dan sama dalam martabat dan hak”. Kata-kata tersebut diambil ketika Perjanjian Internasional tentang hak Sipil dan Politik.

Kata kedua yaitu “All persons deprived of their liberty shall be treated with humanity and with respect for the inherent dignity of the human person.” Jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu “Semua orang yang dirampas kebebasannya wajib diobati dengan kemanusiaan dan dengan menghormati martabat yang melekat pada manusia.” Itulah desain penjara yang digagas di Negara Eropa, mewah bak hotel bintang lima yang jauh dari kesan menyeramkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top