News

Minta Maaf, Adidas Akui Wayang Kulit dari Indonesia

UltraBOOST DNA City Pack

Pada 11 November 2021 lalu Adidas merilis koleksi sepatu baru UltraBOOST DNA City Pack. Koleksi terbaru tersebut berkolaborasi dengan beberapa orang kreatif dari Asia Tenggara. Tetapi, salah satu desain sepatu itu ternyata mengundang kecaman dari netizen Indonesia. Hal tersebut karena desain sepatu yang dibuat oleh desainer grafis Malaysia, Jaemy Choong, menyebut wayang kulit merupakan identitas dan warisan budaya Malaysia.

Setelah mendapat banyak protes dari netizen Indonesia, adidas pun meminta maaf melalui unggahan Instagram Story @adidassg karena menuliskan bahwa wayang kulit dari Malaysia. Selain meminta maaf, Adidas juga mengakui bahwa wayang kulit asli dari Indonesia.

Adidas pun memberikan pernyataan resmi terkait hal ini yang disampaikan melalui instastory @adidassg.

“Terima kasih telah menghubungi kami. Sementara wayang kulit merupakan bagian penting dalam warisan budaya Malaysia. Kami harusnya menyoroti (bahwa Wayang Kulit) asli dari Indonesia dalam postingan kami. Kami sungguh minta maaf sebab ketidaksengajaan yang telah terjadi. Sekarang kami mengubah postingan kami.”

Lihat Juga: Kenali Jenis dan Nama Sepatu Favoritmu

Mereka juga mengakui bahwa wayang kulit berasal dari Indonesia. Merek sepatu olahraga dan juga artis pembuat desain sepatu itu juga menyampaikan mereka tidak ada maksud untuk mengakui karya seni dari Indonesia.

“Untuk menghindari kerancuan, baik merek atau artis tidak mengklaim karya seni asal Indonesia.”

Selain itu, Adidas juga menjelaskan bahwa mereka telah memperbaiki postingan di laman Instagram-nya dengan menuliskan Indonesia sebagai negara asal wayang kulit.

Seperti yang tertulis dalam laman UNESCO, pada 2003 pertunjukan wayang kulit memang sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda asal Pulau Jawa, Indonesia.

Banjir Protes dari Netizen Indonesia

Hal ini pun langsung menarik perhatian netizen Indonesia. Unggahan di akun Instagram @adidassg (Adidas Singapura) terkait sepatu tersebut, contohnya, langsung diserbu komentar warganet Indonesia yang merasa kecewa atas klaim tersebut. Hingga berita ini ditulis, unggahan tersebut telah mendapat lebih dari 29.300 kali.

Selain akun Adidas Singapura, netizen Indonesia juga membanjiri kolom komentar akun adidas lainnya, seperti adidas Filipina @adidasph.

“Wayang is Indonesian culture!” tulis seorang netizen di kolom komentar @adidassg.

“Wayang itu dari Indonesia!” tulis netizen lain.

Namun, tampaknya akun tersebut telah mengganti keterangan foto yang diposting sejak dua hari lalu itu dengan menyebutkan “asli dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi wilayah lainnya di Asia Tenggara.”

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top