News

Misteri Menurunnya Berat Badan Kim Jong Un Di Tengah Rumor Kesehatan

Menurunnya Berat Badan Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, terus menjadi perhatian karena semakin kurus ketika tampil di depan public beberapa bulan belakangan. Penampilannya ini pun menimbulkan pertanyaan terkait kesehatannya. Kondisi Kim kembali menuai perhatian karena tampak jauh lebih kurus ketika menghadiri upacara Hari Pemuda pada Selasa (31/8/2021) lalu.

Ketika menyambut para pemuda di acara itu, kulit Kim tampak lebih kendur dan jaket yang dikenakannya terlihat longgar. Bentuk tulang wajahnya pun juga terlihat, terutama di sekitar dagu. Bukan kali ini saja, pada Juni lalu Kim juga terlihat kurus hingga membuat warga Korea Utara menangisi kondisi badannya.

Pengakuan warga tersebut terekam dan ditayangkan oleh salah satu stasiun TV, KRT. Tayangan tersebut juga mendapat sorotan sebab Korea Utara sangat jarang menampilkan komentar penduduknya.

Saat itu, Kim Jong Un juga tengah menjadi perhatian usai video yang beredar di dunia maya memperlihatkan dirinya mengenakan baju safari berwarna hitam tampak lebih longgar. Media NK News juga menyoroti jam tangan yang digunakan Kim yang terlihat terikat lebih kencang. Sehingga tersisa tali lebih panjang.

Lihat Juga: Staf Diplomatik Korea Utara Diminta Segera Tinggalkan Malaysia

Selama ini, badan intelijen memperhatikan berat badan pemimpin negara terisolasi itu karena keluarganya memiliki riwayat penyakit jantung. Sebelumnya, pada pertengahan bulan April lalu, Kim dikabarkan sempat menjalani operasi jantung. Indikasi tersebut diperkuat dengan noda di tangannya.

Pada 2014 lalu, Kim juga pernah diduga menjalani operasi pengangkatan kista di pergelangan kakinya. Usai operasi tersebut, ia disebut tidak muncul ke publik selama 6 minggu berturut-turut. Spekulasi terkait kesehatan Kim Jong Un memaksa pemerintah melarang isu terkait berat badan Kim serta dianggap sebagai ‘tindakan reaksioner’.

Larangan tersebut muncul usai foto-foto yang menampilkan perubahan drastic Kim beredar di internet. Dalam foto tersebut, tampah perubahan Kim usai berat badannya turun sekitar 19,9 kg.

Menurut analisis sebuah situs pemantau aktivitas Korea Utara, 38 North, Kim diduga sukses menurunkan berat badannya dengan melakukan bedah lambung atau pengobatan. Ia diduga sengaja menurunkan berat badannya demi menjaga kesehatan di tengah kondisi pandemi saat ini.

Lihat Juga: Rumor Dirinya Meninggal, Kim Jong Un Akhirnya Muncul di Sini

Teka-teki Kim terlihat jauh lebih kurus ini pun menambah misteri kesehatan para pemimpin Korut yang selalu dirahasiakan. Kim Jong Il yang tak lain adalah ayah Kim Jong Un, juga selalu merahasiakan kondisi kesehatannya, padahal kesehatannya sudah terlihat menurun pada 2007. Hingga ia meninggal, tidak ada yang tau dengan pasti terkait kesehatannya.

Begitu pula dengan sang kakek, Kim Il Sung, dilaporkan sempat terlihat di belakangnya tumbuh daging hingga sebesar bola tenis. Tetapi, media dilarang merekamnya dari belakang, sehingga tidak ada yang mengetahui kondisi medisnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top