News

Mudik Lebaran 2021 Tak Dilarang, Ini Kata Wagub DKI

Soal Mudik Lebaran 2021 Tak Dilarang, Ini Kata Wagub DKI

Pemerintah pusat pada prinsipnya tidak akan melarang aktivitas mudik Lebaran 2021. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kendati demikian, hingga saat ini, kebijakan libur mudik Lebaran 2021 belum resmi diumumkan oleh pemerintah pusat.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan peringatan kepada warga DKI Jakarta. Dia meminta ‘sedapat mungkin’ warga DKI Jakarta berada di rumah selama Lebaran 2021.

“Kami memhami apa yang terjadi kebijakan pemerintah. Alhamdulillah, karena sudah turun, kemudian sudah vaksin, kemudian tahun lalu saudara kita tidak bisa mudik, libur 3-4 kali juga tidak diperkenankan mudik, ke luar kota,” kata Riza, Rabu (17/3/2021).

“Maka pemerintah mengambil kebijakan di tahun ini diberikan keleluasaan. Namun, kami tetap, bagi warga Jakarta, sedapat mungkin, tempat yang terbaik adalah rumah,” sambungnya.

Politikus Partai Gerindra itu meminta pemerintah memastikan perlindungan warga dari Covid-19. Dia berharap hal-hal tidak diinginkan terjadi gara-gara warga berbondong-bondong mudik ke kampung halaman.

“Dipastikan tesnya, PCR-nya, rapid antigen dan sebagainya. Jangan sampai mudik tahun lalu kita bisa mencegah, orang tua kita, kakek nenek kita selamat. Jangan sampai kali ini, karena kangen mudik, kemudian ke kampung, kita membawa virus. Sehingga orang tua, kakek nenek kita jadi terpapar virus. Jangan sampai,” tegas Riza.

Riza kemudian berbicara soal perayaan Lebaran bersama keluarga dan kerabat yang jauh secara virtual. Menurutnya, perayaan Lebaran secara virtual ini sama seperti ‘bertemu langsung’, dengan bantuan teknologi yang ada.

“Jadi, sekalipun pemerintah memberikan keleluasaan, tetapi tolong tetap diperhatikan protokol kesehatan. Dan tetap, tempat terbaik adalah berada di rumah. Kalau bisa di Jakarta, tetap di Jakarta. Kan bisa video call, kan nggak ada beda. Mukanya nggak ada berubah kan? Kan sama, tetap ganteng, tetap cantik,” lanjutnya.

Gubernur Jabar Ingatkan Prokes

Di sisi lain, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tidak masalah jika mudik Lebaran 2021 tidak dilarang. Namun, Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Pada dasarnya sekarang apa pun boleh tinggak terapkan 3M (mengenakan masker, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan),” kata Kang Emil, Rabu (17/3/2021).

Ridwan Kamil pun menyatakan tidak dilarangnya mudik Lebaran di tahun ini. Hanya saja, dia kembli menekankan, bahwa protokol kesehatan harus betul-betul diterapkan saat berada di kampung halaman.

“Maka saya mendukung silatirahmi ini. Asal pas ketemu di kampung dan perjalanan, hindrari potensi (penularan Covid-19) dengan 3M,” sambungnya,

Kata Menhub Soal Mudik Lebaran 2021

Sebelumnya, di hadapan para anggota Komisi V DPR RI, Menhub Budi Karya dalam agenda rapat kerja mengatakan pemerintah pada prinsipnya tidak akan melarang mudik Lebaran 2021. Budi Karya menegaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugut Tugas Covid-19 untuk merancang mekanisme Mudik Lebaran 2021.

“Terkait dengan mudik 2021, pada prinsipnya pemerintah lewat Kemenhub tidak akan melarang. Kami akan koordinasi dengan Gugus Tugas bahwa mekanisme mudik akan diatur bersama dengan pengetatan, dan tracing pada mereka yang hendak bepergian,” ungkap Budi Karya, Selasa (17/3/2021).

Sementara itu, juru bicara penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan bahwa keputusan soal mudik Lebaran 2021 masih dibahas dalam lingkup kementerian dan beberapa pihak lain.

“Sejauh ini untuk kebijakan terkait mudik Lebaran masih dalam tahap pembahasan oleh kementerian dan lembaga terkait,” ucap Wiku, Selasa (16/3/2021).

To Top