News

MUI Soal Putri Candrawathi Ditahan: Melegakan Hati

MUI Soal Putri Candrawathi Ditahan: Melegakan Hati

Sejumlah pihak mengomentari penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat. Salah satu komentar datang dari Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas.

Anwar Abbas mengapresiasi Kapolri atas tindakan tegas yang telah dilakukan. Dia melanjutkan penahanan Putri Candrawathi sangat melegakan hati bagi para pecinta keadilan.

“Kapolri telah menjawab semua pertanyaan dan keragu-raguan masyarakat dengan memperlihatkan sikap tegasnya dan membuktikan kepada masyarakat bahwa polisi akan memberlakukan setiap orang itu equal before the law atau sama di depan hukum, dengan menahan Putri Candrawathi tersebut,” kata Anwar Abbas, Jumat (30/9/2022).

“Sikap dan tindakan tegas dari Kapolri ini tentu jelas sangat melegakan hati dari para pecinta keadilan di negeri ini,” sambungnya.

Anwar Abbas lantas berbicara soal Putri Candrawathi yang sebelumnya tidak kunjung ditahan. Dia pun membandingkan kasus Putri dengan kasus lainnya yang dilakukan oleh wanita yang memiliki anak kecil.

“Banyak masyarakat yang mempersoalkan kenapa beliau tidak ditahan. Kalau alasannya yang bersangkutan punya anak kecil, maka banyak perempuan yang bersalah yang juga punya anak kecil semestinya mereka juga tidak ditahan. Tapi pada kenyataannya mereka ditahan oleh pihak kepolisian,” ungkapnya.

Menurut Anwar Abbas, citra kepolisian sebagai penegak hukum akan rusak jika ada hal yang ditutupi. Sebab, lanjut dia, masyarakat akan sulit memercayai kepolisian lagi.

“Sebab kalau dala penyelesaian masalah ini ada hal-hal yang ditutup-tutupi maka akibatnya tentu akan merusak kepercayaan masyarakat terhadap pihak kepolisian. Itu tentu jelas tidak baik dan tidakkita inginkan karena hal demikian jelas akan merusak citra polisi sebagai penegak hukum di negeri ini ke depannya,” tegasnya.

PBNU Juga Komentari Penahanan Putri Candrawathi

Di sisi lain, Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi alias Gus Fahrur juga mengomentari penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat. Gus Fahrur menyebut penahanan Putri Candrawathi telah memenuhi harapan masyarakat.

“Penahanan terhadap PC (Putri Candrawathi) sudah memenuhi harapan masyarakat yang menginginkan persamaan hukum untuk semuanya,” kata Gus Fahrur, Jumat (30/9/2022).

Gus Fahrur mengapresiasi tindakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas penanganan kasus yang menimpa Ferdy Sambo dan istrinya ini. Dia mendesak kasus ini diungkap sesuai fakta dengan profesional.

“Kita sangat mengapresiasi keberpihakan bapak Kapolri kepada rasa keadilan masyarakat yang mendesak kasus ini agar diungkap sesuai fakta yang sebenarnya, transparan dan profesional,” tutur Gus Fahrur.

“Mudah-mudahan dengan kesuksesan Kapolri mengungkap kasus besar ini, kepercayaan kepada Polri makin meningkat. Polri menjadi penegak hukum yang terpercaya dan semakin dicintai rakyat. Makin baik kinerjanya, profesional dan transparan serta tidak menjadi alat kepentingan pihak tertentu. Polri berpihak kepada kebenaran dan keadilan,” tambahnya.

Apa Kata Putri Candrawathi?

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi mengatakan dirinya ikhlas atas ‘perlakuan’ yang didapatkannya. Putri memohon doa agar bisa melewati apa yang didapatkannya.

“Saya ikhlas diperlakukan seperti ini. Saya mohon doanya agar bisa melalui semua ini,” kata Putri, Jumat (30/9/2022).

Putri juga menyampaikan pesan kepada anak-anaknya. Dia meminta anak-anaknya untuk selalu berbuat yang terbaik dan menggapai cita-citanya.

“Dan, saya mohon izin titipkan anak saya di rumah dan di sekolah mereka masing-masing. Untuk anak-anakku sayang, belajar yang baik dan tetap gapai cita-citamu dan selalu berbuat yang terbaik,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebagaimana yang disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Putri saat ini ditahan di rutan Mabes Polri. Penahanan dilakukan untuk mempermudah penyerahan tersangka ke Kejagung.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top