News

Mulai Malam Ini Pembatasan Mobilitas Di Jakarta Mulai Berlaku

Pembatasan Mobiltas Di Jakarta Berlaku Malam Ini

Pemprov DKI bersama Polda Metro Jaya memutuskan untuk memberlakukan pembatasan mobilitas di sepuluh titik di Jakarta yang berlaku mulai malam nanti. Pembatasan tersebut untuk menekan penularan COVID-19.

“Kemarin itu Jakarta saja terdapat 5.582 positif aktif yang ada di Jakarta. BOR Jakarta ini telah mendekati 80% sekitar 20% lagi,” kata Kombes Yusri Yunus, Kabid Humas Polda Metro Jaya, saat jumpa pers pada, senin (21/6/2021).

Yusri mengungkapkan sepuluh titik yang dibatasi yaitu Kemang, Gunawarman dan Senopati, Jalan Asia Afrika, Balungan, Cikini Raya, Sabang, PIK dan Kawasan Kota Tua Boulevard Kelapa Gading.

“Jakarta sedang tidak baik-baik saja,” ucap Yusri.

Sementara itu, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya, menuturkan pembatasan mobilitas di Jakarta ini mulai berlaku pukul 21.00 hingga 04.00 WIB.

Lihat Juga: Jokowi Minta PPKM Diperpanjang 2 Minggu ke Depan

Transportasi Umum Ikut Diberlakukan Pembatasan Mobilitas

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juka ikut melakukan pembatasan jam operasional bagi transportasi umum.

“Batas jam operasional sarana transportasi umum sesuai SK Kadishub DKI,” kata Wakadishub DKI Jakarta, Chaidir, dalam jumpa pers bersama Polda Metro Jaya, Senin (21/6/2021). Berikut jadwal transportasi umum di Jakarta:

  1. Angkutan Umum Reguler dari pukul 05.00-22.00 WIB
  2. TransJakarta dari pukul 05.00-22.00 WIB
  3. Angkutan Perairan dari pukul 05.00-18.00 WIB
  4. MRT (Moda Raya Terpadu) dari 05.00-23.00 WIB
  5. LRT (Lintas Raya Terpadu) dari 05.30-22.00 WIB
  6. AMARI dan angkutan tenaga kesehatan TransJakarta dari pukul 22.00-23.00 WIB

Lihat Juga: Sepekan Kasus Corona Melonjak, Begini Kondisi RSD Wisma Atlet

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, walau ada pemberlakuan pembatasan mobilitas di Jakarta, namun ada beberapa pengecualian. Ia juga menuturkan pembatasan ini bersifat situasional. Jika dinilai telah kondisif, maka kemungkinan pembatasan ini akan bergeser ke wilayah lainnya.

“Terdapat sejumlah pengecualian yang diperbolehkan melintas, pertama penghuni, jadi walau dibatasi sebab penghuni di ruas jalan tersebut jadi diperbolehkan. Kedua berkaitan kesehatan ambulans, apotik, rumah sakit, tujuan tersebut diperbolehkan melintas. Jika di ruas jalan terdapat hotel maka tamu hotel atau yang akan ke hotal masih boleh. Keempat mobilitas keadaan darurat, kebakaran, kepolisian, ambulans, TNI/Polri, jika melintas diperbolehkan. Keempat ini yang dikecualikan. Diperbolehkan melintas pada waktu dimulainya pembatasan,” terang Sambodo.

To Top