News

Muncul Isu Jokowi Siapkan Gibran Maju Pilgub DKI, Ini Kata PDIP

Muncul Isu Jokowi Siapkan Gibran Maju Pilgub DKI, Ini Kata PDIP

Partai Demokrat memunculkan isu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersiapkan putranya Gibran Rakabuming Raka maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. Hal ini disampaikan Wasekjen Partai Demokrat Irwan.

Irwan curiga tidak dilanjutkannya revisi UU Pemilu oleh Komisi II DPR RI ada kaitannya dengan kepentingan Jokowi mempersiapkan Gibran di Pilgub DKI.

“Apakah ada faktor baru yang membuat pemerintah mengubah kebijakan politik pilkada dengan menundanya ke tahun 2024? Mungkinkah keputusan ini dilatari kemungkinan Presiden Jokowi mempersiapkan keberangkatan Gibran dari Solo ke Jakarta?,” kata Irwan, Rabu (10/2/2021).

“Karena dirasa terlalu cepat jika Gibran berangkat ke Jakarta tahun 2022. Pertanyaan ini muncul di masyarakat banyak karena terus terang saja saya sendiri sulit menemukan penjelasan lain yang lebih masuk akal,” sambungnya.

Diketahui, Komisi II DPR RI telah sepakat untuk tidak melanjutkan pembahasan Revisi UU Pemilu. Salah satu alasannya adalah kurang elok membahas RUU Pemilu tersebut di situasi pandemi Covid-19.

PDIP: Hentikan Mikir Soal Kekuasaan!

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menanggapi kemunculan isu Presiden Jokowi mempersiapkan Gibran di Pilgub DKI 2024. Djarot menegaskan pihaknya mendukung gelaran Pilkada Serentak 2024 agar pemerintah saat ini fokus mengatasi pandemi Covid-19.

“Justru pendapatnya terbalik. Kita tetap konsisten untuk melaksanakan pilkada serentak sesuai dengan UU Nomor 10 Tahun 2016 agar semua energi bangsa ini benar-benar dicurahkan untuk mengatasi pandemi dan pemulihan ekonomi rakyat,” ucap Djarot, Kamis (11/2/2021).

Lebih lanjut, Djarot meminta semua pihak tak memulu memikirkan soal kekuasaan. Menurutnya, penanganan pandemi Covid-19 harus lebih utama dilakukan demi keselamatan dan kesehatan masyarakat berikut pemulihan ekonomi.

“Saya berharap agar menghentikan pola pikir pragmatis untuk kepentingan jangka pendek yang demi meraih kekuasaan, tetapi mengorbankan kepentingan yang lebih besar, yakni keselamatan, kesehatan dan ekonomi rakyat yang terkena dampak pandemi,” sambungnya.

Demokrat: PDIP Gila Kekuasaan!

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief menanggapi pernyataan PDIP yang meminta semua pihak menghentikan pemikiran soal kekuasaan terkait isu Jokowi mempersiapkan Gibran di Pilgub DKI 2024. Andi Arief membeberkan sejumlah risiko pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

“Posisi Demokrat bukan berburu kekuasaan. Tetapi banyaknya masukan betapa berbahayanya jika pelaksanaan serentak 2024. Belajar dari Pemilu 2019, banyak yang wafat kelelahan dan lain-lain. Karena itu, penting dipisah. Partai Demokrat juga menganggap bahwa power kepala daerah bukan dari pemilihan rakyat akan lemah. Kemudian akan timbul masalah legitimasi apalagi sampai ada yang 2 tahun pj atau penjabat,” kata Andi Arief, Kamis (11/2/2021).

Politikus Partai Demokrat itu lantas menyebut PDIP-lah yang gila kekuasaan. Lebih lanjut, dia pun menyebut PDIP banyak memunculkan argumen demi kepentingan kekuasaan.

“Saya kira yang gila kuasa itu justru PDIP. Banyak dalih dan argument hanya untuk kuasa,” lanjutnya.

Gibran Angkat Suara

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka pun angkat bicara terkait dirinya diisukan akan maju di Pilgub DKI Jakarta 2024. Gibran mengaku heran dengan kemunculan isu tersebut lantaran dirinya saat ini saja belum dilantik menjadi Wali Kota Solo.

“Kan sudah saya bilang kemaring, wong ini (Wali Kota Solo) saja belum dilantik. Kok sudah bahas Jakarta,” kata Gibran, Kamis (11/2/2021).

Lebih lanjut, Gibran menegaskan dirinya akan fokus mengemban tugas barunya sebagai Wali Kota Solo jika sudah dilantik. Terkait pelantikan, putra orang nomor satu di Indonesia itu mengaku belum mengetahui jadwalnya dan menunggu kabar dari pengumuman Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Fokus di Solo dulu saja. Belum dilantik kok mikir Jakarta. (Terkait pelantikan) masih menunggu kabar pak Mendagri,” terangnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top