News

Muncul Dewan Kopral dari Pendukung Ganjar Pranowo, untuk Saingi Dewan Kolonel Puan?

Relawan Ganjar Pranowo Bentuk Dewan Kopral

Relawan Ganjar Pranowo Mania berencana membentuk Dewan Kopral setelah para loyalis Puan Maharani mendeklarasikan Dewan Kolonel menjelang Pilpres 2024.

Ketua Umum GP Mania Immanuel Ebenezer mengatakan istilah “kopral” dipilih sebagai lambang akar rumput. Ia menuturkan organisasi ini bukan aspirasi elite karena murni dari rakyat.

“Kita akan bentuk Dewan Kopral. Kolonel dan kopral, lebih banyak kopral. Nah, suara buat pemilu dalam konteks demokrasi ditentukan oleh jumlah. Lebih banyak kopral dibanding kolonel,” ujar Immanuel seperti dikutip dari laman CNNIndonesia Kamis (22/9/2022).

Lihat Juga: PDIP Bentuk Dewan Kolonel, Demi Kerek Elektabilitas Puan Maharani?

Dia menyampaikan pihaknya tengah mempersiapkan deklarasi Dewan Kopral di sejumlah wilayah. Tujuan pembentukan organisasi ini adalah untuk memenangkan Ganjar di Pilpres 2024 mendatang. Kata Immanuel, organisasi ini akan mempunyai struktur dari pusat sampai daerah dan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

“Jangan salahkan kami rakyat kecil membentuk Dewan Kopral,” ucapnya.

Relawan Bentuk Dewan Kopral, Ganjar Minta Pendukungnya Tahan Diri

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowoberharap para pendukungnya dan kader PDIP dapat menahan diri di tengah dinamika politik menjelang Pemilu dan Pilpres 2024. Ini ia sampaikan untuk merespons para pendukungnya yang membentuk Dewan Kopral.

“Saya minta semuanya bisa menahan diri. Tadi Pak Sekjen sudah menyampaikan mungkin itu hanya candaan-candaan, jadi publik tidak perlu merespons,” kata Ganjar di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (21/9/2022).

Ia menegaskan, soal pencalonan presiden adalah hak prerogatif Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Ganjar yakin keputusan Ketum nantinya akan diikuti bukan hanya oleh kader PDIP, tapi juga relawannya. Dia meyakini para pendukungnya dapat bekerja sama usai Megawati menentukan keputusan terkait capres yang akan diusung partainya.

Lihat Juga: Panas Dingin Hubungan Ganjar Pranowo vs PDIP: Dicap Gubernur Pansos-Disentil Megawati

“Kalau sudah ditentukan saya kira semua relawan dari pendukung siapapun bisa kolaborasi. Tahan diri. Edukasi publik agar semuanya ya demokrasinya makin dewasa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDIP di DPR yang masuk dalam Dewan Kolonel, Utut Adianto, enggan menanggapi soal pembentukan Dewan Kopral oleh relawan Ganjar.

“Sudahlah kalau itu biarin saja. Saya enggak menjawab nama dan peristiwa. Saya menjawab kenapa ini kenapa itu. Ya itu kan maunya mereka ya boleh-boleh saja,” ucap Utut di kompleks parlemen, Kamis (22/9/2022).

Sebelumnya, sejumlah anggota DPR RI dari Fraksi PDIP membentuk Dewan Kolonel untuk menaikkan elektabilitas Puan Maharani menjelang Pilpres 2024.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top