News

Muncul Wacana Koalisi Semut Merah, PKB dan PKS Kian Mesra

koalisi semut merah

PKB dan PKS siap membentuk Koalisi Semut Merah. PKS dan PKB pun semakin mesra setelah buka-bukaan soal koalisi. Terbaru, Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan membuka peluang bagi siapa saja sebagai calon presiden (capres) dalam koalisi dengan PKB. Termasuk sang Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Semoga pertemuan kita mendapat rahmat dan berkah dari Allah SWT. Kita tidak mau terjadi sebuah keputusan di last minute deal politik, jangan kayak kemarin,” ujar Aboe Bakar dalam konferensi pers bersama Waketum PKB Jazilul Fawaid di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

“Kita penginnya 3 bulan sebelum sudah oke, misalkan Gus Ami (Cak Imin) mau presiden, silakan. Bismillah, nggak apa-apa, kita nggak ada masalah,” lanjutnya.

Lihat Juga: Hubungan Cak Imin dan PBNU Menghangat, Suara PKB Berpotensi Tergerus di Pemilu 2024

Aboe Bakar menegaskan pihaknya tidak mempermasalahkan pencalonan presiden maupun wapres. Ia menilai, sosok yang layak maju di Pilpres 2024 bakal dievaluasi bersama.

“Kemudian kita calonkan capres akan dievaluasi, fit and proper. Kalau Cak Ami cocok, PKS ready dan siap,” kata dia.

Waketum PKB Singgung Nama Koalisi Semut Merah

Meski demikian, ia menyebut PKS tetap mendukung pencalonan Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri.

Saat ini, ia fokus koalisi yang disebut-sebut bernama Koalisi Semut Merah itu bisa menarik partai politik (parpol) lain agar memenuhi syarat ambang batas pencapresan (presidential threshold). Ia juga sempat melempar kode, pihaknya membuka pintu jika Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ingin bergabung.

“Tapi kan ini baru berdua. Saya yakin Demokrat atau partai lain, kami dan PKB undang dengan pintu terbuka. Kalau KIB mau datang juga, kami nggak nolak,” tuturnya.

Lihat Juga: PKS Usung Raffi Ahmad di Pilpres 2024, Sekjen: “Belum Resmi”

Sebelumnya, Waketum PKB Jazilul Fawaid mengatakan koalisi PKB dan PKS mungkin koalisi Semut Merah. Ia menyampaikan PKB dan PKS pernah masuk dalam Koalisi Poros Tengah bersama beberapa parpol berbasis Islam lainnya seperti, PBB, PAN dan PPP pada Pemilu 1999 lalu.

Sebetulnya jalinan hubungan PKB dan PKS sudah tampak saat Muhaimin Iskandar diundang ke acara Milad PKS di Istora Senayan, Jakarta, Mei lalu. Bahkan, saat itu Cak Imin diberi kesempatan untuk berpidato. Wakil Ketua MPR RI itu menyebutnya sebagai tanda PKS dan PKB tengah membangun kemesraan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eleven + three =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top