News

Mutasi Virus Corona B117 Ditemukan Di Karawang!

Mutasi Virus Corona B117 Ditemukan Di Karawang!

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat melaporkan adanya temuan varian baru virus Corona B117 asal Inggris di Kabupaten Karawang. Kini, satgas Covid-19 Jawa Barat tengah melakukan pelacakan untuk mengantisipasi menyebarnya virus Corona yang telah bermutasi itu.

Varian baru virus Corona dilaporkan udah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami telah melakukan pelacakan dan meminta jika boleh tim Universitas Padjadjaran untuk meniliti UK B117 ini,” kata Ridwan Kamil di RSP Unpad, Bandung, Rabu (3/3/2021).

Koordinasi bersama Unpad tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah prokes Covid-19 masih sama atau tidak. Karena sejumlah pihak menilai virus Corona yang telah bermutasi itu lebih ganas.

“Apa sama perlakukan 3M dan 3T tersebut? Kami mohon supaya ada penelitian, jadi kami selaku pengampil kebijakan secara tepat dapat merespon dengan cara terukur,” kata Kang Emil.

Walau demikian, ia mengimbau supaya masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Langkah antisipasi pun sudah dilakukan sejak awal karena satgas sudah memprediksi adanya mutasi virus tersebut.

“Ikhtiar kita sesuaikan dan tingkatkan,” tegas Emil.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melaporkan adanya 2 kasus terpapar virus Corona B117 dari Inggris di Indonesia. Kasus tersebut menjadi yang pertama di Indonesia semenjak varian mutasi virus itu merebak di Inggris pada September 2020.

Dua Pasien Virus Corona B117 Telah Dinyatakan Negatif

Fitra Hergyana, Juru Bicara Satgas Covid-19 menyatakan 2 warga Karawang yang terinfeksi UK B117 telah dinyatakan negatif setelah menjalani isolasi di Jakarta. Dua orang berinisial M dan A itu terpapar virus saat di Arab Saudi sebagai buruh migrant.

“Usai menjalani isolasi, hasil tes swab mereka negatif dan telah diizinkan pulang ke Karwang. Jadi mereka pulang ke Karawang dengan hasil negatif,” terang Fitra, Rabu (3/3).

Menurut keterangannya, dua warga Karawang tersebut berasal dari Kecamatan Lemah Abang dan Pedes. Keduanya beserta dengan keluarga masih dalam pengawasan tim satgas.

“Kita lakukan tracking dan keluarnya telah kita swab test. Seluruh orang terdekat maupun kontak erat juga telah kita swab,” katanya.

Lihat Juga: Fakta Varian Baru Corona dan Cara Menghindarinya

Fitra menambahkan, tim Satgas Covid-19 Karawang kini masih menangani kedua warga bersama keluarga. Ia juga meminta masyarakat di Karawang tidak perlu panik karena dua orang tersebut telah dinyatakan negatif.

“Saya sudah komunikasi dengan Menkes untuk menangani lebih lanjut kasus Covid-19 varian B117 Inggris ini. Warga Karawang tak perlu panik karena orangnya telah negatif karena itu bisa pulang,” tambahnya.

Kronologi Dua Orang Tersebut Diketahui Terpapar UK B117

Sebelumnya, M dan A kembali ke Indonesia menggunakan pesawat yang berbeda namun keduanya mendarat di lokasi yang sama yaitu Bandara Soekarno Hatta. M yang merupakan warga Kec Lemah Abang sampai di Bandara Soetta pada 28 Januari 2021. Sedangkan A yang berasal dari Kec Pedes mendarat di Bandara Soetta pada 31 Januari 2021.

Setelah sampai di Bandara Soetta, mereka langsung mengikuti aturan Satgas Covid-19 mengenai peraturan pelaku perjalanan mancanegara. Lalu, tindakan tes swab PCR dilakukan dan hasilnya ternyata positif. Akhinya, kedua orang tersebut menjalani isolasi di Jakarta.

Menurut laporan pemeriksaan tim medis Kementerian Kesehatan RI terhadap sampel swab dua orang itu diketahui telah terinfeksi virus Corona B117. Hal tersebut berdasarkan indikator dari uji whole genome sequencing yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan.

Perlu diketahui, bahwa mutasi virus yang berasal dari Inggris tersebut saat ini telah masuk ke lebih dari 33 negara, selain itu virus SARS-CoV-2 B117 juga dinilai lebih cepat menular.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top