News

Naik Pesawat Tak Perlu PCR Lagi, Begini Kondisi COVID-19 di Indonesia

Naik Pesawat Tak Perlu PCR Lagi, Begini Kondisi COVID-19 di Indonesia

Naik pesawat tak perlu PCR lagi bagi pelaku perjalanan domestik yang telah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap. Peraturan ini berlaku untuk semua pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi darat, udara dan laut.

Aturan tidak perlu PCR untuk naik pesawat ini bakal berlaku dalam waktu dekat. Adapun peraturannya akan tertulis dalam Surat Edaran (SE) yang ditandatangani oleh Kementerian Dalam Negeri.

Lalu, apa syarat naik pesawat tak perlu PCR untuk penerbangan domestik? Simak uraiannya di sini.

Pernyataan Luhut Binsar Pandjaitan

Syarat pertama adalah aturan naik pesawat tidak perlu PCR ini hanya berlaku bagi penumpang domestik. Calon penumpang juga wajib sudah mendapat vaksinasi lengkap.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, calon penumpang yang telah divaksin lengkap tak perlu menyertakan hasil tes PCR maupun antigen.

“Pelaku perjalanan domestik dengan transportasi udara laut maupun darat, yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dan lengkap, sudah tidak perlu menunjukkan bukti tes antigen dan PCR negatif,” jelas Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (7/3/2022).

Aturan ini nantinya bakal disebarkan lewat Surat Edaran (SE) terbaru. SE tersebut, ujar Luhut, akan segera terbit.

Naik Pesawat Tak Perlu PCR, Begini Kondisi Terbaru COVID-19 di Indonesia

Dalam aturan baru, pemerintah memutuskan tidak lagi mewajibkan tes PCR. Aturan ini diterbitkan setelah kasus pandemi COVID-19 di RI terpantau terus membaik.

Lihat Juga: Berubah Lagi, Tes PCR Tidak Lagi Jadi Syarat Penerbangan

Dari data yang dievaluasi, kata Luhut, kasus harian nasional menunjukkan penurunan yang cukup signifikan. Pemerintah juga memastikan situasi dan penanganan COVID-19 akan terus membaik.

Luhut mengatakan, kini rawat inap maupun kasus kematian juga menurun. Penurunan tersebut terpantau hampir di semua provinsi Jawa-Bali. Hanya tren kasus COVID-19 di Yogyakarta saja yang belum menurun.

Pemberlakukan PPKM di Jabodetabek

Pemerintah memutuskan naik pesawat tak perlu PCR. Hal tersebut karena tren kasus positif virus Corona yang menurun, khususnya di Jabodetabek.

Luhut menyampaikan bahwa saat ini sejumlah kabupaten/kota kembali menerapkan PPKM level 2, termasuk Jabodetabek.

“Saat ini aglomerasi Jabodetabek dan Surabaya Raya kembali masuk ke level 2 karena penurunan kasus konfirmasi harian dan juga rawat inap rumah sakit,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top