News

Nasdem Gandeng Anies-Ridwan Kamil Untuk Kovensi Pilpres 2024

Nasdem Gandeng Anies-Ridwan Kamil Untuk Kovensi Pilpres 2024

Anies-Ridwan Kamil diketahui bertemu pada Subuh tadi, Jumat (11/6/2021). Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali menilai sah-sah saja jika keduanya digadang-gadang akan meramaikan Pilpres 2024.

“Berarti begini, jika kemudian orang melihat kebersamaan Pak Anies dan Pak Ridwan Kamil dalam sebuah tempat. Lalu diasosiasikan ini pasangan calon, ya sah-sah saja,” tutur Ali kepada awak media, Jumat (11/6/2021).

Ali juga menyebut satu nama lain, yaitu Khofifah Indar Parawansa yang tak lain merupakan Gubernur Jawa Timur.

“Sama saat Anies dengan Khofifah, keduanya dipersonifikasi deklarator NasDem. Itu tidak terbantahkan, kalau mereka pernah interaksi dekat dengan Ketua Umum NasDem,” tutur Ali.

Lihat Juga: Kang Emil Siap Nyapres, Mengaku Cocok Dengan Ganjar Maupun Anies

Namun begitu, Ali menegaskan NasDem akan tetap dengan rencana alam, NasDem akan melakukan konvensi untuk memilih siapa capres yang mereka usung.

“Kontestasi politik ini merupakan untuk seluruh anak bangsa, tak terbatas ruang partai politik. Ada akademisi, pengusaha, teknokrat, ada aktivis yang memiliki ide. Nah kontestasi tersebut kita buka lewat konvensi, itu tempat partisipasi,” lanjutnya.

Kedekatan NasDem dan Anies-Ridwan Kamil

Kemudian, Ali mengatakan kedekatan Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan Khofifah dengan NasDem tak begitu saja jadi pertimbangan utama dalam memilih capres. Anggota DPR RI itu menuturkan NasDem bakal mengajak Anies, Ridwan Kamil dan Khofifah untuk mengikuti konvensi capres 2024.

“Jadi lalu personifikasi ketiga tokoh tadi memiliki kedekatan dengan NasDem itu betul. Namun itu tak jadi alasan kita, dan NasDem tak bakal pernah memilih orang sesuai kemauan ketua umum. Bahwa tokoh-tokoh itu jadi harapan NasDem atau mengajak mereka untuk mengikuti konvensi nanti, itu benar,” terang Ali.

Lihat Juga: Anies Disebut Safari Politik ke Jatim, Ini Kata Gerindra

Ali memastikan pemenang konvensi pasti bakal dicalonkan sebagai calon presiden pada 2024. Sebab itulah, konvensi bakal digelar apabila syarat pencalonan presiden telah terpenuhi. Maksudnya, konvensi calon presiden NasDem bakal bekerja sama dengan partai lain agar syarat pencalonan presiden terpenuhi.

“Namun kalau kemudian konvensi ini juga harus besar, bukanlah konvensi abal-abal. Konvensi ini benar-benar untuk memburu pemimpin, jadi siapa nanti atau pemenang di konvensi ini tentu akan tetap maju sebagai calon presiden. Sebab partai penyelenggara konvensi telah memenuhi syarat pencalonan. Jadi ketua umum (Surya Paloh) tengah membangun komunikasi politik,” jelas Ali.

Lalu, partai mana yang akan berkoalisi dengan NasDem? Ali mengungkapkan dua partai yaitu PKS dan PAN.

To Top