News

NasDem Siap Komunikasi dengan PDIP Soal Ganjar Jadi Bacapres

NasDem Siap Komunikasi dengan PDIP Soal Ganjar Jadi Bacapres

NasDem menjadikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai salah satu bakal calon presiden (bacapres) yang berpotensi diusung di Pilpres 2024 mendatang. NasDem menyatakan akan membangun komunikasi dengan PDIP terkait hal itu. Ini disampaikan oleh Sekjen NasDem Johnny G Plate.

“Pasti akan dibangun komunikasi. Tidak saling menunggu, tapi akan dibangun kami juga,” kata Plate, Rabu (22/6/2022).

Ganjar sendiri saat ini masih berstatus sebagai kader aktif PDIP di bawah kepemimpinan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Plate mengatakan pihaknya terus memonitor sikap politik Gubernur Jawa Tengah itu.

“Kami juga memonitor apa statement pak Ganjar Pranowo yang sejalan dengan keputusan ibu Megawati. Prasyaratnya itu prerogatif ibu Megawati sebagai Ketua Umum (PDIP),” tegas Plate.

Plate menegaskan pihaknya juga akan membangun komunikasi dengan Megawati selaku Ketua Umum PDIP. Dia menuturkan partainya juga terus mengamati perkembangan politik yang terjadi di Tanah Air.

“Tentu komunikasinya akan diarahkan ke sana (Megawati). Kami juga kan sedang melakukan pendekatan penjajakan sambil melihat updating politik, perkembangan politik, perubahan profil politik di tingkat nasional. Setiap hari berubah-ubah kan,” ungkapnya.

PDIP Bolehkan Ganjar Tentukan Pilihan Politiknya

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan kader-kader PDIP, termasuk Ganjar Pranowo boleh menentukan pilihan politiknya. Jadi, Ganjar diberikan ruang untuk nyapres dari partai lain.

“Dalam perspektif ini, setiap anggota kader itu bebas untuk melakukan pilihan-pilihan politiknya,” terang Hasto, Rabu (22/6/2022).

Hasto menambahkan kader PDIP, termasuk Ganjar dapat memilih ambisi individual atau meleburkan diri pada kepentingan partai. Dia menjelaskan menjadi kader partai semestinya meleburkan diri pada kepentingan kolektif untuk negara.

“Apakah kader akan menyatukan diri pada kepentingan partai yang lebih besar atau digerakkan oleh ambisi-ambisi individual. Berpartai itu menyatukan diri dalam kepentingan kolektif bagi bangsa dan negara,” tegasnya.

Untuk diketahui, NasDem memaparkan tiga bakal capres yang berpotensi diusung di Pilpres 2024. Selain Ganjar Pranowo, dua nama bacapres pilihan NasDem di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Ganjar sendiri menyatakan dirinya patuh terhadap ketentuan partainya.

Pernyataan Terbaru Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo mengatakan dirinya tegak lurus terhadap keputusan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP. Dia menekankan keputusan terkait capres ada ditangan Megawati.

“Kalau partai kan keputusannya hasil kongres di nu Mega. Semua pasti diminta sudah satu tegak lurus pada satu keputusan bu Mega, di PDIP nggak ada diskusinya itu. Karena, mandat kongres sudah diberikan, mungkin di beberapa partai lain saya menghormati ada prosesnya masing-masing kita hormati partai manapun. Bagi PDIP itu prerogatif,” tutur Ganjar, Rabu (22/6/2022).

Ganjar lantas mengomentari survei elektabilitas dari sejumlah lembaga survei yang acap kali memosisikan dirinya di posisi tiga besar. Gubernur Jawa Tengah itu mengomentarinya santai.

“Survei itu pekerjaan yang dilakukan oleh surveyor, biaran saja,” ungkap Ganjar.

Ganjar mengatakan modal utamanya ialah partai, bukan survei yang dilakukan oleh lembaga survei. Dia mengaku biasa saja alias tidak terlena meski survei elektabilitasnya berkali-kali berada di ‘papan atas’. Survei terkait Pilgub Jawa Tengah 2013 lalu pun diungkit olehnya.

“Mungkin yang punya modal partai kali, lebih pada partai, biasa saja (elektabilitas unggul). Masuk-masuk survei geer (gede rasa), nggak ada di PDIP geer-geeran. Dan, survei bukan satu-satunya yang dipakai. Kalau survei yang dipakai 2013, saya nggak bisa direkomendasikan (pilgub Jawa Tengah),” terang Gubernur Jawa Tengah itu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

seventeen + 1 =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top