News

Ngabalin: Amien Rais Orang Hebat di Masa Lalu Tapi…

Ngabalin: Amien Rais Orang Hebat di Masa Lalu Tapi…

Pesan peringatan Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbuntut panjang. Amien Rais mewanti-wanti Jokowi tidak mengakhiri masa kepemimpinannya dengan tidak elegan.

Menanggapi hal itu, Ali Mochtar Ngabalin menyebut Amien Rais selalu melihat Jokowi dengan pandangan tidak baik. Pihak Partai Ummat pun menyayangkan ucapan Ngabalin karena tidak ‘setinggi’ jabatannya sebagai Tenaga Ahli Utama KSP.

Ngabalin lagi-lagi merespons. Namun, dia menegaskan tidak ingin membicarakan soal Partai Ummat.

“Saya tidak mau menanggapi terkait dengan masalah Partai Ummat karena saya sama sekali tidak membincangkan masalah (Partai) Ummat. Yang saya mau bilang itu Amien Rais adalah sosok orang hebat tapi di masa lalu,” kata Ngabalin, Sabtu (22/5/2021).

Ngabalin menilai Amien Rais adalah sosok tokoh reformasi yang hebat di masa lalu. Namun, di era sekarang petinggi Partai Ummat itu, kata dia, gagal membangun demokrasi.

“Pak Amien Rais itu orang hebat di masa lalu, tapi gagal membangun demokrasi atau menciptakan dirinya sebagai tokoh demokrasi yang baik. Tokoh reformasi tapi gagal membangun demokrasi atau tokoh bapak bangsa yang baik yann pikiran dan langkah-langkahnya bisa menjadi contoh bagi generasi yang akan datang,” paparnya.

Petinggi KSP itu kemudian mengungkit kegagalan Amien Rais menjadi Presiden di tahun 2004. Menurut dia, Amien Rais gagal menjadi tokoh yang merepresentasikan sebagai bapak bangsa.

“Tuhan, Allah menakdirkan beliau gagal menjadi Presiden. Beliau gagal menjadi Presiden, gagal menjadi tokoh yang membangun atau merepresentasikan diri sebagai bapak bangsa di alam demokrasi,” imbuh Ngabalin.

Partai Ummat Pasang Badan untuk Amien Rais

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Ummat Agung Mozin ‘pasang badan’ untuk Amien Rais terkait ucapan Ngabalin yang menyebut di mata Mantan Ketua MPR itu Jokowi selalu dianggap tidak baik. Agung Mozin menyayangkan pernyataan Ngabalin.

“Sungguh sangat disayangkan ucapan yang keluar dari mulut Ngabalin itu tidak setinggi jabatannya. Saya hanya mengingatkan hati-hati dengan mulutmu! Anda telah mendoakan yang buruk kepada orang-orang baik. Bagi kami yang percaya atas kekuatan doa maka doa Ngabalin kepada Amien Rais itu akan segera kembali dengan cepat menimpa dirinya,” ucap Agung Mozin.

Agung Mozin kemudian mengungkit kisah Nabi Musa yang didoakan keburukan. Dia mengingatkan bahwa doa itu bisa berbalik kepada yang mengucapkannya.

“Ada sebuah kisah seperti doa Bal’am kepada Nabi Musa atas permintaan penguasa zalim. Dan, ternyata dengan kuasa Allah, doa itu kembali kepada mereka yang berlaku jahat,” paparnya.

Politikus Partai Ummat itu menyebut hanya Allah yang tahu apa yang akan dialami Ngabalin di kemudian hari. Dia mengajak masyarakat yang percaya kekuatan doa menunggunya.

“Jadi, saya mengajak kepada semua warga yang percaya atas kekuatan doa. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi kepada manusia ini, yang terlalu mencintai dunia dan kekuasaan di tangannya. Hanya Allah yang Maha Tahu. Kita tunggu saja, entah kapan akan terjadi,” ungkap Agung Mozin.

Sebelumnya, Amien Rais menyampaikan pesan peringatan kepada Presiden Jokowi. Dia mewanti-wanti mantan Gubernur DKI Jakarta itu agar mengakhiri masa jabatannya sebagai Presiden dengan elegan.

“Ini psan saya kepada pak Jokowi. Mohon! Masih tiga tahun lagi panjenengan (jadi Presiden). Dipikir lebih dalam lagi gitu, karena kita melihat pak Harto 32 tahun akhirnya kemudian lengser. Bung Karno apalagi, pemimpin besar revolusi 9 tahun berkuasa, kemudian juga kita tahu akhirnya seperti itu. Jangan sampai kemudian pak Jokowi berakhir kurang elegan-lah,” kata Amien Rais, Jumat (21/5/2021).

To Top