News

Novel Baswedan Diisukan Dipecat, Begini Jawaban KPK

Novel Baswedan Diisukan Dipecat, Begini Jawaban KPK

Novel Baswedan, penyidik senior KPK kembali menuai sorotan setelah tersebar pesan berantai di beberapa grup WA. Dalam pesan tersebut berisi Novel dan sejumlah pegawai KPK lainnya akan dipecat karena tak lolos tes wawasan kebangsaan. Seperti yang telah diketahui, tes wawasan kebangsaan diikuti oleh seluruh pegawai KPK sebagai proses alih status menjadi ASN.

Ali Fikri, Plt Jubir KPK mengakui telah menerima hasil tes tersebut dari BKN (Badan Kepegawaian Negara). Tetapi ia belum dapat memberikan jawaban terkait isu pemecatan Novel bersama sejumlah pegawai lainnya.

Lihat Juga: Kata Pegawai KPK Soal Pertanyaan Nyeleneh TWK

“KPK betul sudah mendapat hasil assessment wawasan kebangsaan yang diberikan pihak BKN tanggal 27 April 2021,” kata Ali dalam keterangannya, Selasa (4/5/2021).

Meski begitu, Ali mengatakan hingga saat ini ia masih belum mengetahui hasilnya. Ali memastikan KPK bakal menyampaikan hasil tes tersebut dalam waktu dekat kepa publik.

“Tapi soal hasilnya, sejauh ini belum diketahui sebab informasi yang kami dapat data dimaksud belum diumumkan. KPK memastikan bakal menyampaikan hasilnya kepada publik dalam waktu dekat serta bakal kami infokan lebih lanjut,” tutur Ali.

Seperti diketahui, revisi Undang Undang KPK beribas pada alih status pegawai KPK menjadi ASN. Komisi Pemberantasan Korupsi pun bekerja sama dengan BKN untuk menggelar tes wawasan kebangsaan terhadap seluruh pegawai KPK.

Novel Baswedan sendiri merasa statusnya saat ini tengah terombang-ambing dan tidak ada kejelasan. Novel beserta 74 pegawai lainnya yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan kini tidak dipecat, hanya saja dibatasi kinerjanya.

“Ini yang menurut saya seperti kesewenang-wenangannya ya. Terdapat tindakan melebihi kewenangan yang dipunya. Jadi saya pikir itu menarik untuk diperhatikan serta cermati. Sedangkan kami pada posisi yang tak diberhentikan, jadi ke kantor ya ke kantor aja,” tutur Novel.

Novel Baswedan juga menyatakan dirinya tak akan tinggal diam dengan pimpinan KPK yang memberhentikan dirinya serta 74 pegawai KPK lainnya yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan.

“Maka sikap kami jelas, kami bakal lawan,” kata Novel.

To Top