News

Pakai Masker Bertanda Silang, Haris Azhar Hadiri Panggilan Untuk Mediasi Dengan Luhut

Pakai Masker Bertanda Silang, Haris Azhar Hadiri Panggilan Untuk Mediasi Dengan Luhut

Direktur Lokataru Haris Azhar memenuhi panggilan polisi terkait mediasi dengan Luhut Binsar Pandjaitan. Haris Bersama sejumlah pengacaranya mengenakan masker bersimbol silang. Masker tersebut dikenakan oleh Haris Azhar usai mendapat kepastian bahwa mediasi hari ini tak jadi dilakukan. Masker tersebut berwarna putih namun terdapat tanda silang merah pada bagian tengahnya.

Ada alasan mengapa masker tersebut ia pakai. Ketua Advokasi LBH Jakarta yang merupakan tim kuasa hukum Haris dan Fatia Maulidiyanti, Nelson Simamora, menurutkan masker bersimbol silang tersebut menggambarkan pembungkaman.

“Ini memakai masker ini artinya terdapat pembungkaman kepada aktivitas mengkitisi kinerja pejabat publik. Ini simbol dari dari masker ini,” ujar Nelson di Polda Metro Jaya, Jakarta pada, Kamis (21/10/2021).

Menurut Nelson, pembungkaman tersebut tidak hanya dialami oleh Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti. Ia menilai saat ini pembungkaman ketika adanya kritik kepada pejabat publik sering terjadi. Nelson melanjutkan, proses pembungkaman tersebut membuat banyak masyarakat merasa takut untuk menyampaikan pendapatnya terkait kinerja para pejabat publik.

“Kita membaca di permberitaan di media masa ini kan sedikit banyak membuat orang takut bikin konten, mengungkapkan pendapat di ruang siber, di ruang digital,” ucapnya.

Lihat Juga: Somasi Tak Digubris, Luhut Binsar Pandjaitan Laporkan Haris Azhar Dan Fatia Maulidiyanti

“Termasuk di Papua, operasi militer masih ada korban warga sipil, banyak pengungsi masih banyak yang di hutan, anak kecil, ibu-ibu. Jangan betul-betul kompleks permasalahannya ditambah represi, jadi makin rumit,” imbuhnya.

Berkaitan dengan agenda mediasi dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjatian, Nelson mengatakan kedatangan kedua kliennya tersebut pada hari ini sebagai bentuk iktikad baik. Walaupun mediasi pada hari ini tak jadi dilakukan, Nelson mengaku pihaknya akan mengikuti proses hukum yang berlaku terkait laporan Luhut.

“Saya tegaskan sedikit mewakili klien kita ini yaitu bentuk iktikad baik dari kita selaku pihak yang menyampaikan pendapat dengan terbuka pada mengkritisi pejabat publik. Kita dilaporkan secara pidan akita belum mengetahui ini perkara apa, tetapi kita dipanggil y aini bentuk iktikad baik kita dalam hal mediasi ini,” tutupnya.

Diektahui mediasi Haris Azhar dan Luhut hari ini urung dilakukan karena penyidik berhalangan hadir.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top