News

Palestina Menang Ramaikan Twitter Usai Gencatan Senjata Israel-Palestina

Palestina Menang Ramaikan Twitter Usai Israel-Palestina Gencatan Senjata

#PalestinaMenang menjadi trending topik Twitter Indonesia setelah diumumkannya gencatan senjata Israel-Palestina. Diketahui kesepatakan antara Israel dan Hamas untuk gencatan senjata mulai berlaku pada Jumat (21/5/2021) pukul 02.00 waktu setempat. Mesir menjadi penengah untuk memantau pelansanaan gencatan senjata tersebut.

Pada pukul 12.10 WIB saja, sekitar 8.080 cuitan membahas topik tersebut, dan jumlahnya terus bertambah. Banyak akun Twitter yang membagikan video maupun foto mengenai kondisi masjid Al-Aqsa setelah gencatan senjata diumumkan. Di tempat lain, masyarakat di Gaza memenuhi jalan untuk merayakan klaim kemenangan itu. Rasa syukur dan haru banyak diungkapkan warganet Twitter sambil menyambut kemenangan Palestina.

Gencatan Senjata Israel-Palestina, Hamas Klaim Kemenangan

Tagar Palestina menang mulai bergema setelah seorang anggota senior biro politik Hamas mengklaim kemenangan di depan ribuan warga yang turun ke jalanan di Gaza guna merayakan gencatan senjata.

“Ini merupakan euforia kemenangan,” tutur Khalil al-Hayya, anggota senior biro politik Hamas di Gaza, seperti melansir dari AFP, Jumat (21/5/2021).

Gencatan senjata disebut sebagai suksesnya perlawanan atas musuh yang lebih kuat baik secara militer maupun ekonomi.

Teriakan takbir terdengar dari ruas-ruas jalan di Jalur Gaza. Sementara klakson mobil juga tidak kalah riuhnya saling bersahutan sambil para pengemudi membawa bendera. Selain itu, masjid-masjid juga menyerukan ‘kemenangan yang diperoleh atas pendudukan selama perang Pedang Yerusalem,’. Langit Gaza juga diramaikan dengan tembakan senapan, petasan serta kembang api.

Aksi sujud syukur warga Palestina juga dilakukan di Masjid Al-Aqsa untuk menyambut kesepakatan gencatan senjata antara Israel-Palestina. Sementara itu, ratusan orang turun ke jalan di daerah Ramallah, Tepi Barat sambil meneriakan ‘dengan jiwa dan darah, kami membebaskanmu, Gaza’.

Di Yerusalem Timur, yang merupakan lokasi sengketa tanah antara pemukim Yahudi dan keluarga Palestina, juga dipenuhi masyarakat yang ingin merayakan klaim kemenangan Palestina.

Lihat Juga: Golkar Dukung Jokowi Mobilisasi Internasional Hentikan Agresi Israel

Sebelumnya, Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel mengonfirmasi kesepakatan gencatan senjata Israel-Palestina di Gaza. Netanyahu menyetujui usulan yang ditawarkan oleh Mesir yang merupakan negara mediator.

“Dengan suara penuh menerima usulan untuk menerima inisiatif Mesir untuk gencatan senjata.. tanpa syarat,” kata Netanyahu.

Selama ketegangan sejak 10 Mei lalu, setidaknya 232 orang dari Palestina menjadi korban meninggal dunia. Sedangkan dari Israel, 12 orang warganya meninggal dunia karena serangan roket dari Hamas di Jalur Gaza.

To Top