News

Panglima Militer Ketiga Negara Akan Gelar Pertemuan Bahas Abu Sayyaf

Pertemuan trilateral akan segera digelar oleh Pemerintah Indonesia, Malaysia dan Filipina terkait dengan pengamanan laut. Dalam Pertemuan tersebut akan dihadiri Menteri Luar Negeri dan Panglima Militer dari ketiga Negara.

Arrmanatha Nasir selaku Juru Bicara Kementrian Luar Negeri mengatakan (28/4), “Pertemuan akan berlangsung pada 5 Mei 2015 di Gedung Pancasila Kemenlu RI.”

Pertemuan yang merupakan instruksi presiden Joko Widodo kepada Mentri Luar Negeri RI ‘Retno Marsudi’ dan Panglima TNI Jendral ‘Gatot Nurmantyo’. Pertemuan yang akan dibahas untuk keamanan bersama dari ketiga negara, yang pada khususnya wilayah laut yang rawan perompakan dan penyanderaan.

Arrmanantha menambahkan, konfirmasi dari perwakilan Malaysia dan Filipina sudah didapatkan. Delegasi kedua negara tersebut akan bertemu terlebih dahulu dengan Presiden Joko Widodo, kemudian akan membahas situasi maritim dan keamanan diwilayah tersebut.

Pertemuan Trilateral yang bertujuan untuk memastikan kerjasama dari ketiga negara dibidang ekonomi tidak terganggu dengan adanya ancaman keamanan yang terjadi baru-baru ini. Ancaman keamanan yang terlihat baru-baru ini Sejumlah kapal Indonesia dibajak kelompok Militan Abu Sayyaf, yang pada dasarnyaterjadi penyanderaan terhadap sejumlah warga negara Indonesia dan Kedua Negara lainnya.

“Pasti akan ada koordinasi antara angkatan bersenjata juga, konkretnya nanti dibahas saat pertemuan,” ujarnya.

Terkait dengan penyanderaan yang sedang terjadi pada 14 warga negara Indonesia, Jokowidodo mengakui upaya penyelamatan tidak berjalan mudah. “Memang tak segampang itu. Jangan memudahkan persoalan. Persoalan ini tidak mudah,” Tegasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

To Top