News

Pansus Hak Angket Sebut KPK Banyak Langgar Hukum dan Etika

Pansus Angket Sebut KPK Banyak Langgar Hukum dan Etika

Pansus Angket DPR menyebutkan, banyak pelanggaran hukum dan etika yang ditemukan terhadap kinerja lembaga anti-rasuah KPK. Pelanggaran itu mulai teknis perlindungan saksi, rumah sekap, rekayasa Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Hal itu diungkap M.Misbakhun, anggota Pansus Angket KPK, seusai bertemu Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Kamis (31/8). Pansus sendiri menyatakan sudah banyak menghadirkan pihak untuk dimintai penjelasannya tentang KPK.

“Praktek-praktek di dalam KPK itulah yang kemudian menimbulkan permasalahan, apakah praktek melenceng seperti ini akan tetap kita tolerir,” ungkap Misbakhun.

Ia meminta pemikiran-pemikiran para advokat untuk ikut serta memperbaiki politik hukum penegakan hukum nasional ke depan.

Selain itu, ia juga mengungkapkan keprihatinannya sewaktu mendengar keterangan mantan pengurus Peradi dan ketua umum Kongres Advokat Indonesia (KAI), Indra Sahnun Lubis, terkait KPK meminjam uang Probosutejo Rp 5 milyar dalam operasi OTT terhadap pegawai Mahkamah Agung (MA) di rumah kliennya, Probosutejo, 2006.

Mengutip Indra Sahnun Lubis, ia menceritakan secara singkat, diawali KPK mendatangi Probosutejo meminjam uang lalu menunggu pegawai MA dengan bersembunyi di balik kursi dan meja di rumah adik Presiden Soeharto itu.

Malam harinya, sesaat pegawai MA bertamu itulah KPK yang menenteng uang dalam boks melakukan OTT. “Tetapi, hingga kini uang itu tidak dikembalikan kepada klien kami, yang dipasrahkan klien kami karena dugaan ada ancaman terkait kasus hukum lain di luarnegeri,” ujarnya.

Pelanggaran Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) lainnya seperti kewenangan mengeksekusi yang seharusnya oleh Kejaksaan Agung atau Lembaga Perlindungan Saksi & Korban (LPSK) tetapi dilewati KPK.

Seperti rumah sekap atau save house versi KPK terhadap Tirtayasa selaku saksi kasus suap hakim Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar, juga barang sitaan dan barang rampasan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top