News

Parah! PPDB Online SMA Hari Pertama Provinsi Banten Error

PPDB Online SMA Hari Pertama Di Provinsi Banten Error

Hari pertama PPDB Online SMA Provinsi Banten dikeluhkan para orangtua siswa karena error. Dari pengkuan orangtua siswa laman website PPDB online sudah bermasalah padahal baru diakses pada hari ini, Senin (21/6/2021). Siswa tidak bisa login ke situs resmi PPDB SMA/SMK tahun ajaran 2021/2022 Provinsi Banten, ppdb.bantenprov.go.id.

Diketahui, PPDB SMA mulai dibuka pada Senin (21/6/2021) hingga Rabu (23/6/2021). Sedangkan PPDB SMK sudah dibuka lebih dulu yaitu pada 14 Juni hingga 18 Juni 2021. Berdasarkan informasi, pendaftaran siswa baru secara online ini dimulai pukul 23.59 WIB. Namun, website baru bisa diakses pukul 00.30 WIB.

Salah seorang orantua siswa, Irawan mengatakan, ia sudah mengakses website tersebut, tetapi selalu gagal saat akan memasukkan data murid.

“Error pertama waktu akan memasukkan dokumen Surat Keterangan Lulus. Dokumen yang dimasukkan selalu gagal diunggah tanpa penjelasan penyebabnya,” kata Irawan dikutip BantenNews.co.is, Senin (21/6/2021).

Lihat Juga: Daftar Sekolah Online, Begini Caranya!

Bahkan, sambungnya, website error juga ditemui saat dirinya akan memilih sekolah yang dituju.

“Website kembali error saat akan memasuki tahap pemilihan sekolah yang dipilih. Layar website berulang-ulang menampilan pesan error,” tuturnya.

Senada dengan Irawan, Ita juga mengatakan tidak bisa mengakses situs PPDB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten.

“Kalau membuka halaman utama bisa, tetapi waktu akan ke tahap berikutnya error,” ucapnya.

Hingga berita ini ditulis, panitia PPDB online SMA masih belum memberikan keterangan terkait error pada website PPDB online.

Diberitakan sebelumnya, tidak ingin sistwm down saat PPDB dibuka, Dindikbud Banten telah menyiapkan infrastruktur penunjang dan terus melakukan persiapan. Salah satunya yaitu infrastruktur jaringan.

Lihat Juga: Situs Eror Hingga Perpanjang Masa Pengajuan Akun Warnai PPDB Jakarta 2021

Hal tersebut dilakukan untk mengantisipasi terjadinya sistem down karena banyaknya kunjungan ketika pendaftaran PPDB online dimulai.

“Insya Allah (infrastruktur) dapat meng-cover dari jalannya aplikasi. Niat kita ingin lebih baik. Tapi, lagi-lagi, namanya aplikasi kan buatan manusia, tentu tidak bakal sempurna,” kata Kepala Dindikbud Provinsi Banten, Tabrani.

Walau begitu, Tabrani mengklaim infrastruktur jaringan tahun ini lebih baik dibanding dengan PPDB online tahun-tahun sebelumnya.

“Tetapi insfrastrukturnya kita menyiapkan lebih baik, sudah kami siapkan dan pastikan. Kami antisipasi saat down bahkan kalau kawasan blank spot murid dapat datang ke sekolah (mendaftar secara manual),” terangnya.

To Top