News

PDIP Bentuk Dewan Kolonel, Demi Kerek Elektabilitas Puan Maharani?

PDIP Bentuk Dewan Kolonel

PDIP membentuk tim yang diberi nama Dewan Kolonel yang bertugas untuk meningkatkan elektabilitas dan citra Ketua DPR Puan Maharani menjelang Pilpres 2024. Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan mengatakan pembentukan Dewan Kolonel awalnya diusulkan oleh Johan Budi.

“Habis rapat ada pengarahan Mbak Puan kan, pembina fraksi dan pembina fraksi cuma satu, Mbak Puan saja. Kemudian masuk ruang pimpinan fraksi, Johan Budi bilang kita loyalis Mbak harus buat sesuatu, Dewan Kolonel,” ujar Trimedya di DPR, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Saat ini kelompok tersebut belum memiliki struktur resmi. Namun Trimedya menuturkan setiap komisi memiliki anggota fraksi PDIP sebagai koordinator.

“Jenderal cuma dua Jenderal (Bambang) Pacul dan Jenderal Utut,” kata Trimedya.

Lihat Juga: Puan Maharani Disebut Punya Kecerdasan di Atas Rata-rata

Menurutnya, Puan yang merupakan keturunan Soekarno perlu diberi dukungan. Jika tidak, mungkin akan bernasib sama dengan trah Soeharto yang menghilang dari Golkar.

Tugas Dewan Kolonel

Anggota DPR Fraksi PDIP Johan Budi angkat bicara terkait tim Dewan Kolonel yang ramai dibicarakan di kalangan Fraksi PDIP DPR. Johan menyampaikan tim ini dibentuk oleh para loyalis Puan untuk meningkatkan popularitas dengan melakukan sosialisasi di daerah.

“Makanya kita diskusi dulu sekarang ini bagaimana strateginya. Istilahnya itu menyosialisasikan Mbak Puan dulu. Belum sebagai presiden ya, belum sebagai calon. Saya konkret sama teman-teman itu, untuk mensosialisasikan Mbak Puan ke masyarakat,” tutur Johan Budi kepada awak media di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Ia menjelaskan tim ini akan bertugas melakukan sosialisasi tentang sosok Puan Maharani di masing-masing dapil. Johan akan menguraikan ketokohan hingga prestasi-prestasi Puan pada masyarakat.

“Misal saya di dapil. Kalau lagi kunjungan ke daerah ketemu dengan masyarakat nanti saya perkenalkan lah Mbak Puan, ketua DPR RI kita, cucunya Bung Karno, tapi nggak ngomongin capres ya. Prestasi-prestasinya,” ungkapnya.

Dia menceritakan awal terbentuknya tim tersebut sekitar dua bulan lalu. Johan mengaku jadi salah satu inisiator sekaligus pencetus nama Dewan Kolonel yang dipersiapkan jelang Pilpres 2024. Ia mengatakan awalnya tim ini memiliki enam anggota fraksi. Kini, lanjutnya, sudah ada belasan orang sebagai anggota.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top