News

PDIP dan Gerindra Tolak Penundaan Pemilu 2024!

Isu penundaan pemilu 2024 yang dihembuskan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan beberapa petinggi partai lainnya masih h

angat diperbincangkan. Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyatakan partainya menolak penundaan pemilu 2024.

“Pemilu sudah ditetapkan oleh Pemerintah, DPR dan KPU. Dan, disetujui oleh semua fraksi. Fraksi itu artinya partai, bahwa akan diadakan pada tanggal 14 Februari tahun 2024,” kata Puan, Selasa (1/3/2022).

Puan kemudian menyinggung soal hari Valentine yang diperingati setiap 14 Februari. Dia berharap pemilu berjalan damai layaknya hari Valentine yang dijuluki hari kasih sayang.

“Hari valentine, di luar mengatakan hari kasih sayang. Kenapa sih harus hari kasih sayang? Supaya Insya Allah pemilunya bisa berjalan damai seperti hari Valentine, hari kasih sayang,” tandas dia.

Puan menyatakan PDIP siap menghadapi pemilu pada 14 Februari. 2024 mendatang. Dia berharap PDIP kembali memenangkan pemilu 2024.

“Tahun 2024 itu, di awal bulan tahun 2024, satu bulan 14 hari setelah 2024 (tahun baru). Dibilang panjang, ya masih panjang, karena masih 2 tahun lagi. Intinya PDIP, mau hari ini diselenggarakan pemilu, PDIP menang,” tegasnya.

Gerindra Tolak Penundaan Pemilu 2024

Di sisi lain, Partai Gerindra juga menolak penundaan pemilu 2024. Gerindra mengingatkan konstitusi telah mengatur pemilu uang digelar setiap lima tahun sekali.

“Gerindra akan selalu taat kepada ketentuan dan asas konstitusional. UUD NRI tahun 1945 menyatakan bahwa pemilu dilaksanakan secara luber dan jurdil setiap lima tahun sekali. Itu merupakan sebuah perintah yang jelas dari konstitusi kita,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono, Rabu (2/3/2022).

Sugiono menyatakan pemerintah dan DPR telah menetapkan pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Dia menegaskan Prabowo Subianto akan menyampaikan sikapnya terkait hal itu pada waktu yang tepat.

“Pemerintah dan DPR sudah menyepakati bahwa tanggal pelaksanaan Pemilu ditetapkan pada 14 Februari 2024. Pada waktunya, Ketua Dewan Pembina yang sekaligus Ketua Umum kami akan menyampaikan pendapat resmi Partai Gerindra. Mengingat, isu ini juga masih merupakan isu yang beredar di luar jalur formal, baik di eksekutif maupun legislatif,” terang petinggi partai Gerindra itu.

Apa Kata Cak Imin Selaku Pengusul?

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menegaskan pernyataannya terkait penundaan pemilu 2024 hanya sebatas usulan. Cak Imin menyebut keputusan atas usulan itu tetap berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tentu saya hanya bisa mengusulkan nanti yang akan ditentukan dan dibahas oleh para ketua umum. Dan, juga oleh tentu penentunya bapak Presiden,” kata Cak Imin, Selasa (1/3/2022).

Cak Imin kembali menegaskan dirinya hanya menyampaikan usulan. Apakah usulannya diterima atau tidak, kata dia, hal itu dikembalikan kepada sikap para pimpinan partai politik.

“Ini usulan saya. Soal nanti bagaimana semua kembali pada para ketua umum partai. Ya terserah saja namanya juga usulan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan penundaan pemilu 2024 yang disuarakan oleh Cak Imin memang tidak lebih dari sekadar usulan. Usulan itu, kata Jazilul, tercetus setelah Cak Imin menerima aspirasi dari berbagai kalangan.

“Memang itu usulan Gus Muhaimin (Cak Imin) dan ketum parpol lainnya, yang menerima aspirasi dari berbagai kalangan,” ungkap Jazilul, Selasa (1/3/2022).

Lantas, apakah Cak Imin maju sebagai kontestasi di Pilpres yang akan datang? Dijawab oleh Cak Imin sendiri, dia menegaskan akan maju di Pilpres mendatang.

“Iya, tetap akan maju,” tegas Ketua Umum PKB itu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top