News

PDIP Kritik Anggaran Sirkuit Formula E Naik Jadi Rp60 Miliar: “Perencanaannya Jelas Abal-abal”

PDIP Kritik Anggaran Sirkuit Formula E Naik Jadi Rp60 Miliar: “Perencanaannya Jelas Abal-abal”

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengkritik kenaikan anggaran sirkuit Formula E dari sebelumnya Rp50 miliar jadi Rp60 miliar. Gembong menyebut uang Rp10 miliar bukanlah angka yang sedikit. Uang tersebut, ujar dia, seharusnya bisa dipakai untuk hal yang lebih bermanfaat, seperti menanggulangi masalah banjir di Jakarta.

“Itu sudah bisa menyelesaikan persoalan banjir itu,” ujar Gembong saat dihubungi, Senin (7/3/2022).

Ia menuturkan, kenaikan anggaran tersebut juga menunjukkan bahwa PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tidak memiliki perencanaan yang matang.

Menurutnya, jika proyek telah dilelang dengan nominal yang sudah ditentukan, pengerjaannya harus sesuai dengan harga yang sudah disepakati.

Lihat Juga: Final! Sirkuit Formula E di Ancol, Berbentuk Kuda Lumping

Apabila ada penambahan, tutur Gembong, seharusnya ada lelang baru yang dilakukan PT Jakpro dengan PT Jaya Konstruksi selaku kontraktor.

“Kalau kita merencanakan sesuatu kemudian dalam perjalanan terjadi pembengkakan yang luar biasa besar Rp10 miliar itu luar biasa besar itu. Artinya perencanaan dari Jakpro yang abal-abal. Perencanaan jelas abal-abal,” ucapnya.

Diketahui, pembangunan sirkuit untuk ajang balap mobil Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta, menghabiskan anggaran sekitar Rp60 miliar. Anggaran tersebut memakai sumber dana dari PT Jakpro.

Jika berdasarkan angka yang sebelumnya tertulis di laman https://eproc.jakarta-propertindo.com, angka Rp60 miliar ini jelas mengalami kenaikan. Di laman tersebut, lelang pekerjaan jasa rancang pembangunan sirkuit Formula E mempunyai harga perkiraan (HPS) senilai Rp50,15 miliar.

Wagub Akui Anggaran Sirkuit Formula E Naik

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga mengakui bahwa ada kenaikan anggaran dari Rp50 miliar jadi Rp60 miliar.

“Seperti yang sudah disampaikan Pak Dirut Jakpro, memang ada penambahan anggaran dari 50 (miliar) ke 60 (miliar), karena sirkuit itu dibuat permanen, jadi dibuat lebih baik dan insyaallah bisa digunakan untuk kegiatan berikutnya,” jelas Riza.

Lihat Juga: Giring Geleng-geleng Lihat Lokasi Formula E, Diminta Tak Nyinyir

Menurut Riza, anggaran sirkuit Formula E naik karena lintasan yang dibangun tersebut bersifat permanen. Sementara itu, Penanggungjawab Proyek Sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi, Ari Wibowo menuturkan anggaran Rp60 miliar tersebut berlum termasuk tribun penonton dan sejumlah fasilitas lainnya.

“Treknya (60 miliar). Jadi saya tidak masuk dalam penonton, grand stand-nya penonton, tribun, itu enggak masuk,” kata dia, Minggu (6/3/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top