News

PDIP Sindir Kepemimpinan SBY, PD Beberkan Prestasi

PDIP Sindir Kepemimpinan SBY, PD Beberkan Prestasi

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyindir kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang (menurutnya) berbeda dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasto menyebut era kepemimpinan SBY terlalu banyak rapat namun tidak dibarengi dengan pengambilan keputusan.

Kepala Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat (PD) Herman Khaeron angkat suara menanggapi pernyataan Hasto. Herman menegaskan kebersihan di era Jokowi bisa terwujud karena peran pemimpin terdahulu.

“Menurut saya, Hasto boleh memuji pujaannya. Tetapi mesti menyadari bahwa tidak ada keberhasilan saat ini tanpa peran pemimpin sebelumnya,” kata Herman, Jumat (22/10/2021).

Herman lantas membeberkan berbagai capaian SBY selama menjadi Presiden. Dia mengatakan SBY tidak pernah membanding-bandingkan kepemimpinan di era sebelumnya, melainkan justru berterima kasih.

“Kepemimpinan pak SBY sangat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat Indonesia. Contohnya, tol laut Bali, jembatan Madura dan program pro-rakyatnya. Selain (juga) aktif di dunia internasional dan membanggakan, tanpa mencemooh Presiden sebelumnya. Bahkan, berterima kasih kepada Presiden sebelumnya,” tegasnya.

Politikus PD itu juga memaparkan berbagai capaian SBY di bidang ekonomi. Dia pun membeberkan keberhasilan SBY dalam mengatasi bencana dan wabah penyakit.

“Pak SBY juga berhasil melunasi utang IMF, menaikkan pendapatan per kapita masyarakat, mampu mengatasi dampak krisis ekonomi dunia. Dan, Indonesia menjadi negara G20. Pak SBY juga mampu menangani bencana alam dengan baik dan mendapatkan penghargaan internasional, mengendalikan flu burung dan wabah penyakit lainnya,” sambung Herman.

Elite PD Ungkit Pernyataan JK

Sementara itu, Elite PD Kamhar Lakumani, yang juga mengomentari pernyataan Hasto, mengungkit pernyataan Jusuf Kalla (JK) yang menyebut era kepemimpinan SBY lebih terarah dan cepat mengambil keputusan. Kamhar menyebut di era Jokowi-lah yang justru banyak rapat.

“Merujuk pada testimoni pak JK yang pernah menjadi Wakil Presiden pak SBY dan juga pernah menjadi Wapres pak Jokowi. Bahwa, di zaman SBY lebih ringkas, lebih terarah dan lebih cepat dalam mengambil keputusan. Kalau zamannya pak Jokowi, semua soal dirapatkan. Jadi, dalam seminggu rapatnya bisa 4 – 5  kali,” tutur Kamhar, Jumat (22/10/2021).

Kamhar menilai pernyataan Hasto yang ditujukan kepada SBY salah alamat. Dia menyebut politikus PDIP itu tidak mengenal realitas.

“Jadi, kalau yang dimaksudkan Hasto adalah pak SBY, bukan hanya salah alamat, mungkin Hasto sebelum pemerintahan pak Jokowi hanya hidup di alam mimpi, tak mengenal realitas. Karenanya, mengutip dan memodifikasi yang lagi viral dan kekinian di media sosial, ‘hei Hasto, bangun, ko tidor terlalu miring, bangun! Nanti kop e otak juga ikutan miring’,” tandasnya.

Hasto Sindir Kepemimpinan SBY

Sebelumnya, elite PDIP Hasto Kristiyanto melontarkan sindiran terkait kepemimpinan SBY. Hasto mengatakan di era 10 pemerintahan sebelumnya terlalu banyak rapat namun tidak mengambil keputusan.

“Pak Jokowi punya kelebihan dibandingkan pemimpin yang lain. Beliau adalah sosok yang turun ke bawah, yang terus memberikan direction, mengadakan ratas (rapat kabinet terbatas) dan kemudian diambil keputusan di rapat kabinet terbatas. Berbeda dengan pemerintahan 10 tahun sebelumnya, terlalu banyak rapat tidak mengambil keputusan,” tutur Hasto.

Hasto menyebut Jokowi ‘tahan uji’ meski dikritik sana-sini. Jokowi, lanjut dia, terus berupaya menjalankan tugasnya sebagai Kepala Negara di tengah kritikan.

“Meskipun banyak kritik, tetapi pak Jokowi tetap menampilkan seorang pemimpin yang tahan uji terhadap kritik dan terus berjuang melakukan tugas-tugasnya sebagai Kepala Negara, Kepala Pemerintahan. Tetap bergerak karena apa pun di tengah pandemi ini, pak Jokowi menerapkan suatu prinsip bagaimana keselamatan rakyat, keselamatan bangsa dan negara merupakana hukum tertinggi yang harus dijawab setiap pemimpin,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top