News

Pegawai Pajak Terkait Kasus Pemerasan, Sudah DiPecat 2 Tahun Lalu

Kasus pemerasan Pajak kepada PT Edmi Meter Indonesia Komisi Pemberantasan Korupsi ‘KPK’ telah menahan tiga tersangka terkait kasus pemerasan pajak tersebut.

Yuyuk Andriati selaku Pelaksana harian Kepala Biro Humas KPK mengatakan (17/5), “Kini ketiga tersangka sudah ditahan di rumah tahanan Guntur.”

Penetapan tersangka telah dilakukan oleh KPK atas dugaan pemerasan yang terkait dengan restitusi lebih bayar pajak atas PPh Badan 2012 dan PPn 2013 PT Edmi Indonesia. Tiga tersangka tersebut diantaranya Indarto Catur N, Slamet Riyana, dan Herry Setiadji.

Terkait kasus ini, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan memastikan bahwa ketiga tersangka sudah diberhentikan secara tidak terhormat, sejak dua tahun yang lalu. Dirjen pajak menambahkan bahwa penyidikan terkait kasus pemerasan ini didahului oleh penelusuran internal DJP dan Inspektorat Jendral ‘Itjen’ Kementrian Keuangan dan setelah itu diserahkan ke KPK.

Mekar Satria Utama selaku Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Dirjen Pajak (19/5) mengatakan, “Penetapan ketiga tersangka mantan pegawai Ditjen Pajak ini merupakan bukti bahwa pemerintah sungguh-sungguh dalam melakukan penegakan hukum. Hal tersebut merupakan peringatan untuk para pegawai Ditjen Pajak serta para wajib pajak agar tidak melakukan pelanggaran yang dapat menyebabkan kerugian negara.”

Mekar Satria menambahkan, apresiasi dan mendukung sepenuhnya usaha KPK dalam memberantas korupsi dan mensukseskan pemerintah dalam mencapai penerimaan pajak yang optimal bagi Indonesia yang lebih baik lagi.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top