News

Pegiat Media Sosial Birgaldo Sinaga Wafat Karena Covid-19

Pegiat Media Sosial Birgaldo Sinaga Wafat Karena Covid-19

Pegiat media sosial dan pejuang toleransi Birgaldo Sinaga meninggal dunia setelah berjuang melawan COVID-19 dan sempat masuk ICU karena kritis. Sebelumnya ia sempat mengeluhkan gejala virus Corona mulai sesak napas sampai batuk berdarah.

Hal tersebut bahkan ia sampaikan melalui unggahan di media sosial Twitter miliknya. Cuitan itu pun kini dibanjiri ungkapan duka cita dan doa dari netizen. Sebelum wafat, Birgaldo juga bergabung sebagai relawan penanggulangan COVID-19. Saat itu ia bertugas sebagai penyemprot disinfektan.

Pria asal Batam, Kepulauan Riau ini bergabung bersama tim Gugus Tugas COVID-19 pada awal wabah Corona masuk Indonesia. Ia bersama dengan teman-temannya berinisiatif membentuk sebuah tim yang dinamai ‘Relawan Kemanusiaan Sahabat Birgaldo Sinaga’.

“Siang-siang membagi makan, sore menyeprot disinfektan,” tutur Birgaldo seperti dilansir dari laman detikcom (15/5/2021).

Bahkan 3 hari sebelum meninggal dunia, Rabu (12/5/2021), Birgaldo Sinaga sempat mengunggah foto yang menampilkan tangannya sedang diinfus. Dalam keterangan fotonya itu, ia mengungkapkan dirinya tengah terpapar Covid-19.

Ia menyatakan sudah sepuluh hari demam tinggi, nyeri, pusing, mual dan batuk. Selain itu, ia juga meminta doa agar segera sembuh dari serangan virus mematikan itu.

Duka Ahok Untuk Kepergian Birgaldo Sinaga

Semasa hidupnya, selain dikenal sebagai pegiat medsos, Birgaldo juga menjadi salah satu pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Bahkan pada Pilkada 2017 lalu, Birgaldo juga ikut mengawal kasus penistaan agama yang dituduhkan kepada Ahok.

Lihat Juga: Sidang Penistaan Agama, Ahok Hanya Dituntut Hukuman Masa Percobaan

Ucapan duka cita pun disampaikan Ahok melalui akun Instagram @basukibtp. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Birgaldo semasa hidup. Birgaldo juga sempat menjadi Wakil Pimpinan Pusat Barisan Relawan Jokowi Presiden (BaraJP), yang merupakan komunitas pendukung Joko Widodo pada masa Pemilu 2014.

Saat itu, ia sempat melaporkan Fahri Hamzah, Wakil Ketua DPR RI terkait orasinya pada 4 November 2016. Birgaldo Sinaga meninggal dunia saat  menjalani perawatan di Rumah Sakit Awal Bros Batam pada Sabtu (15/5/2021) pukul 06.00 WIB.

To Top