News

Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ini 5 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui

Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pemakaman Ratu Elizabeth II digelar Kerajaan Inggris pada hari ini, Senin (19/9/2022) siang waktu setempat.

Prosesi upacara ini menggambarkan tradisi kuno monarki Inggris dengan membawa peti mati ratu dari Wstminster Abbey menuju tempat pemakaman.

5 Fakta Pemakaman Ratu Elizabeth II

1. Peti Diangkut Pasukan AL Inggris

Prajurit Angkatan Laut Inggris akan menjadi pembawa peti mati Ratu Elizabeth II dari Westminster Hall menuju Westminster Abbey. Peti mati dibawa menggunakan kereta meriam serta dikawal oleh pasukan tersebut.

Sebanyak 142 personel akan mengiring peti mati. Mereka berjalan bersama dan beberapa berperan sebagai rem jika diperlukan.

Diketahui tradisi ini berawal dari pemakaman Ratu Victoria pada Februari 1901. Saat itu, kuda yang digunakan sebagai penarik kereta mulai menendang-nendang karena panik. Hewan tersebut seperti akan menjatuhkan peti mati.

Lihat Juga: Operasi Unicorn Bergema Saat Ratu Elizabeth II Wafat, Apa Itu?

Salah satu kerabat Ratu Victoria, yaitu Pangeran Lois dari Battenberg, lalu menyarankan pada raja baru Inggris, Edward VII, agar mengganti kuda dengan prajurit AL untuk menghindari kejadian tersebut.

Sembilan tahun kemudian ketika Edward VII meninggal, ide tersebut diterapkan. Sejak itulah, prosesi ini jadi tradisi yang tidak berubah pada setiap pemakaman kenegaraan.

2. Pasukan Pembawa Peti Bertopi Kulit Beruang

Pengawal Grenadier Batalyon 1 yang berjumlah delapan orang akan menjadi pembawa peti mati pada pemakaman Ratu Elizabeth II. Resimen ini adalah salah satu infanteri yang bertugas menjaga tempat tinggal resmi kerajaan atau dikenal sebagai Queen’s Guard.

Para personelnya biasa memakai seragam Pengawal Kekaisaran Napoleon dan topi dari kulit beruang.

3. Penghormatan Militer

Tiga resimen memiliki peran sangat penting dalam upacara pemakaman Ratu Elizabeth II. Mereka yakni Angkatan Darat Inggris, Yeomen of the Guard, Honorable Corps of Gentlemen at Arms, dan Royal Company of Archers.

Lihat Juga: Kenang Ratu Elizabeth II, Kisah Hidupnya Dirangkum Dalam 7 Film dan Series Ini

Penjaga Yeomen selalu memakai seragam dari era Tudor pada abad 16 berwarna merah dan emas. Sementara Royal Company of Archers adalah pengawal sang ratu saat berada di Skotlandia.

Selain itu, beberapa datasemen dari resimen lain serta Angkatan bersenjata dari negara Persemakmuran juga turut hadir. Mereka akan bergabung dalam proses pemakaman dari Westminster Abbey ke Wellington Arch di Hyde Park Corner, tidak jauh dari Istana Buckingham.

4. Penjaga Rumah Ratu Elizabeth II

Prosesi pemakaman ratu juga akan diikuti oleh pelayan di rumah Elizabeth II. Di antaranya, perwira paling senior dan bendahara di rumah tangga kerajaan. Mereka akan berjalan di belakang Raja Charles dan anggota keluarga kerajaan.

Lihat Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Siapa Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Selanjutnya?

Sedangkan di depan mereka ada penium dan penabuh drum dari resimen Skotlandia-Irlandia, serta Brigade Gurkha hingga 200 musisi Royal Air Force.

5. 6.000 Tentara Dikerahkan di Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Kepala Staf Pertahanan Inggris, Laksamana Tony Radakin menyebut sekitar 6.000 personel militer dari AL dan AU ikut dalam prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Mereka akan melakukan tembakan penghormatan atau royal salute di beberapa titik. Misalnya, saat melewati Victoria Memorial untuk memperingati Ratu Elizabeth II.

“Bagi kita semua, ini adalah tugas terakhir kami untuk Yang Mulia Ratu dan ini adalah tugas utama pertama kami untuk Yang Mulia Raja Charles,” kata Radakin, dikutip AFP.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top