News

Pemerintah Ganti Nama Tol Japek Layang Jadi Sheikh Mohamed Bin Zayed

Pemerintah Ganti Nama Tol Japek Layang Jadi Sheikh Mohamed Bin Zayed

Nama Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) diabadikan pada Tol Japek Layang. Terkait hal tersebut, Menteri Sekretaris Negara Pratikno turut memaparkan alasan di baliknya. Menurut Pratikno penamaan Sheikh Mohamed jadi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek adalah sebagai penghargaan atas hubungan baik antara Indonesia dan UEA.

Apalagi, ia mengatakan sebelumnya nama Presiden Joko Widodo juga telah diabadikan menjadi salah satu nama jalan di pusat kota Abu Dhabi. Penamaan MBZ pada Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek dinilai sebagai bentuk penghargaan kepada UEA.

“Sebelumnya nama jalan Presiden Joko Widodo disematkan di Abu Dhabi pada salah satu jalan utama yang strategis antara Abu Dhabi National Exhibition Center yang mengarah ke kompleks kedutaan,”tutur Pratikno dalam acara peresmian yang ditayangkan di YouTube, Senin (12/4/2021).

“Ini penghormatan negara Indonesia yang diberikan ke pemerintah UEA. Khususnya untuk Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan. Jadi itulah alasan perubahan nama ini,” sambungnya.

Pratikno juga memaparkan hubungan diplomatik antara RI dan Uni Emirat Arab telah berlangsung sejak 1976. Ia juga menuturkan hubungan dengan UEA makin erat, mulai dari bidang kebudayaan, sosial dan ekonomi.

Lihat Juga: Indonesia Dapat Bantuan Peralatan Medis Dari UEA Senilai Rp, 11,5 Miliar

Khususnya pada sektor perekonomian, menurut Menteri Sekretaris Negara itu, UEA telah menggelontorkan banyak investasi. Bahkan disebut dalam jumlah terbesar. Investasi digelontorkan pada pembangunan infrastruktur. Hingga yang terbaru adalah Indonesia Investment Authority (INA) yang merupakan sebuah lembaga pengelola dana sovereign wealth fund di RI.

“Di bidang ekonomi, investasi Uni Emirat Arab adalah investasi terbesar di RI. Baik untuk pembangunan insfrastruktur maupun dukungan dalam jumlah besar ke INA yang merupakan lembaga SWF Indonesia,” papar Pratikno.

Profil Sheikh Mohamed Bin Zayed Yang Namanya Dibadikan Di Jalan Tol Japek Layang

Sheikh Mohamed Bin Zayed
Profil Sheikh Mohamed Bin Zayed

Sheikh Mohamed bin Zayed adalah salah satu Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab. Mengutip detikcom, Selasa (13/4/2021), Sheikh Mohamed merupakan putra dari alm Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Setelah menjadi Presiden ke-1 UEA, ayahnya dikenal sebagai Bapak Bangsa UEA. MBZ sendiri adalah saudara laki-laki Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang kini menjabat sebagai Presiden UEA.

Hingga berusia 18 tahun, MBZ mendapat pendidikan di sekolah yang terletak di Al Ain dan Abu Dhabi. Pada 1979, ia bergabung di Akademi Militer Kerajaan Sandhurst yang terkenal bergengsi. Di sana ia berlatih menerbangkan helikopter, terbang taktis pertarungan baju besi, hingga menjadi pasukan terjun payung.

Setelah lulus, tepatnya pada April 1979, MBZ kembali ke UEA dan bergabung bersama Kursus Pelatihan Perwira di Sharjah, Emirat. Ia juga telah mengantongi sejumlah peran di militer negara itu. Mulai dari Perwira di Pengawal Amiri atau pasukan keamanan elit UEA, hingga jadi piloy di Angkatan Udara negaranya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top